Bagaimana Mengetahui Kualitas Konten Online untuk Bisnis Afiliasi

Pada posting sebelumnya, penulis telah mencoba menjelaskan bagaimana pengaruh riset pasar sebagai acuan dalam membuat content online. Di sini penulis kembali mencoba menjelaskan secara singkat bagaimana  mengetahui content online yang sudah kita buat, apakah bagus atau tidak untuk bisnis afiliasi (mis. Google Adsense). Kualitas ini sangatlah penting, karena jika kualitas dari content online kita bagus, maka sang penyedia afiliasi akan menyukai content online kita, yang berpotensi mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang besar.


Hal utama yang dapat kita lihat adalah traffic yang dihasilkan dari content online kita. Saat tulisan ini di buat, terutama product dari Google telah menyediakan tool analitik yang dapat kita gunakan sebagai analisa dari content online tersebut. Dapat itu Google Analytics,  Youtube Studio Editor, dan lainnya. Sehingga setelah kita melakukan riset pasar saat membuat content online kita, langkah selanjutnya adalah kita dapat melihat kualitas dari content online kita tersebut dengan melihat reaksi pasar.

Untuk melihat ketertarikan pasar terhadap content online buatan kita, pertama kita dapat melihat berdasarkan  jumlah pengunjung perharinya. Pengunjung terbaik adalah pengunjung yang datang langsung secara organic, yaitu yang berasal dari mesin pencari. Bukan pengunjung yang dibuat-buat atau dari hasil sharing media sosial seperti facebook, Google Plus atau lain sebagainya. Dan meskipun satu pengunjung saja, jika itu berasal dari organic, menurut penulis content online kita sudah dapat dikatakan bagus.


Kemudian kualitas dari content online dapat kita ketahui berapa lama pengunjung menghabiskan waktu menikmati content online kita. Jika content online kita berupa video, dapat kita lihat dari berapa lama pengunjung menonton video kita. Semakin banyak pengunjung yang melihat video kita sampai akhir, maka kualitas video kita tersebut bagus. Selain itu jika content online kita berupa artikel blog, maka semakin lama pengunjung membaca, dan pengunjung membaca artikel-artikel kita lainnya, berarti kualitas content online kita bagus. Ukuran kualitas seperti ini disebut sebagai engagement, yaitu pengunjung tidak hanya sekedar mengunjungi content online kita, tetapi juga mengambil sesuatu manfaat darinya. Dan lebih baik lagi jika pengunjung dengan sukarela menjadi pelanggan (Subscriber) kita. Namun pelanggan yang bagus, adalah pelanggan yang benar-benar membutuhkan content online kita, bukan yang hanya sekedar menjadi pelanggan, atau saling subscribe.


Oleh karena itu, kualitas dari content online tidak diukur berdasarkan jumlah pengunjung saja, namun juga seberapa kuat content online mengikat pengunjung terhadap isi content dan content-content kita yang lain. Semakin bagus isi content online kita, pola traffic akan semakin padat, dan penyedia afiliasi pun akan semakin menyukainya.

Comments

Popular posts from this blog

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Bagaimana Mendapatkan Income dengan hanya Membuat Aplikasi Sederhana

Cara Efektif Beriklan di Adwords

Cara Menghitung Estimasi Nilai Return Reksa Dana

Deposit Adwords dengan Transfer Mesin ATM

Dibalik Perubahan Peraturan Monetize Youtube 2018

Tutorial Membuat Iklan Adwords untuk Traffic Website