Pengetahuan Pemrograman HTML untuk Adsense Publisher

Berdasarkan pengamatan penulis di komunitas Adsense yang penulis ikuti, terdapat para member mengeluhkan bagaimana cara memasang kode unit iklan Adsense di website mereka. Hal ini terutama bagi mereka yang awam dalam pemrograman, sehingga dipastikan terdapat rasa takut dalam memasang kode iklan tersebut.

HTML adalah bahasa pemrograman untuk membentuk halaman website. Biasanya file-file yang berisi kode HTML berekstensi html. Dan meskipun website Anda dibangun dengan bahasa pemrograman lain seperti PHP, CSS, MySQL, Javascript dan lain sebagainya, sebenarnya bahasa dasar yang digunakan adalah tetap HTML. Dan saat tulisan ini ditulis, perkembangan HTML sudah sampai pada HTML5, yang mana komponen kode-kodenya lebih mirip dengan Javascript.

Sedangkan secara fungsi, HTML dapat diibaratkan sebagai buku kosong bersama dengan covernya. Untuk tulisan didalamnya, termasuk iklan adalah isi dari buku tersebut. Untuk mempercantik tampilan buku, programmer biasanya lebih mennggunakan CSS. Kemudian jika dibutuhkan database, maka dalam website akan diperlukan PHP dan MySQL untuk mengorganisir keluar masuknya data-data. Jika pembaca belum mengetahui tentang bahasa pemrograman HTML dapat dilihat pada samping kanan gambar dibawah ini.



Tampilan seperti di atas, menggunakan menu inspect yang berada di klik kanan mouse browser Chrome. 

Kemudian seberapa penting Adsense Publisher mengetahui bahasa pemrograman HTML? Menurut penulis penting, jika website tidak termasuk host produk Google dan tidak menggunakan template-template CMS (Content Management System) website. Karena untuk pemasangannya code iklan, yang berupa code Javascript, nantinya akan diperlukan kesesuaian dengan partisi antara bagian utama halaman web dan widget-widgetnya. Karena jika salah meletakkan code, iklan bisa saja tetap muncul, namun tampilan halaman bisa menjadi rusak.  

Akan tetapi hal ini tidak perlu di khawatirkan jika website menggunakan produk host Google seperti Blogger, atau menggunakan template CMS bawaan dari Wordpress, Drupal, Joomla dan semacamnya. Karena template–template tersebut sudah menyediakan tempat tersendiri untuk meletakkan iklan. Sehingga pemilik website, yang memanfaatkan template-template tersebut hanya tinggal fokus menuangkan content yang ingin dia tampilkan di websitenya.

Sehingga, dapat penulis simpulkan, pengetahuan bahasa pemrograman HTML bagi Publisher Adsense sangatlah penting. Namun yang lebih penting lagi adalah content dari website itu sendiri. Pengetahuan HTML tersebut sangatlah diperlukan terutama untuk kerapian, dan mempercantik halaman. Google sangat menganjurkan content yang kaya dan tampilan halaman web yang menarik. Karena dengan content yang bagus dan dibutuhkan orang, akan dapat memancing datangnya traffic. Dan dengan tampilan yang bagus, dengan iklan yang tertata rapi dan tidak terlalu ramai, pengunjung website akan lebih betah, yang disebut dengan engagement.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google