Deposit Adwords dengan Transfer Mesin ATM

Berikut ini adalah pengalaman penulis, bagaimana mengisi deposit Adwords dengan cara transfer bank yang dilakukan pada bulan Januari 2018. Khususnya melalui ATM Bank BNI. Jika pembaca belum mengetahui apa itu Adwords, mungkin dapat melihat sekilas pengenalan Adwords dalam video di bawah ini:


Selain transfer bank, sebenarnya deposit Adwords dapat menggunakan kartu kredit. Namun karena penulis tidak memiliki kartu kredit, maka pilihan pembayaran hanya transfer bank tersebut.

Caranya, pertama adalah pergi ke halaman Adwords dan pilih menu Billing and Payment. Di situ terdapat informasi saldo, dan juga pilihan pembayaran. Berbeda dengan ketika pertama kali dulu penulis melakukan deposit awal, jika melakukan pembayaran melalui transfer bank, maka akan disediakan form isian yang ditujukan memberikan informasi no rekening asal transfer. Hal ini dimungkinkan, agar validasi pembayaran oleh pihak Adwords dapat dilakukan lebih cepat. Namun pada saat penulis melakukan deposit untuk kedua kalinya ini, form isian di atas sudah tidak ada. Awalnya sedikit membingungkan, tetapi penulis rasa sepertinya Adwords telah mengubah dan mempermudah langkah pembayaran tersebut, dengan tidak perlu mengisi form isian, dan menggantinya dengan langsung menampilkan informasi no rekening bank tempat pembayaran, yaitu no rekening Citibank Indonesia di no 0319897176603198850 an Google Asia Pasific Pte Ltd.



Langkah kedua, dengan menggunakan mesin ATM, penulis melakukan transfer yang kala itu sejumlah IDR 250.000. Dengan nomor rekening yang telah terdaftar sebelumnya, ketika deposit pertama kali, dan tanpa menyertakan informasi lain apapun, termasuk Adword Account ID. 

Menurut penulis dan seharusnya juga penulis lakukan, nomor Adwords account ID harusnya disertakan sebagai keterangan nomor referensi, yaitu setelah tahap memasukkan nominal yang ditransfer. Agar maksud tujuan transfer segera diidentifikasi oleh pihak Adwords bahwa deposit adalah untuk nomor ID Account Adwords yang bersangkutan.

Dan perlu diingat, jangan lupa untuk menyimpan struk bukti transfer, jika nanti pembayaran tidak terdeteksi pada langkah selanjutnya.


Jumlah deposit di atas memang kecil, dan terhitung merugi, karena kalau tidak salah terdapat biaya transfer BNI ke bank lain, kurang lebih sebesar IDR 25.000. Untuk itu penulis menyarankan lakukan deposit sekitar IDR 1 juta sekaligus, agar sebanding dengan biaya administrasi yang dikeluarkan.

Selain itu, target penulis perhari target minimal menghabiskan IDR 5.000 saja. Sehingga modal IDR 250.000 di atas, sudahlah cukup untuk biaya beriklan sekitar 2 bulan.

Advertisement

Selanjutnya, langkah ketiga, setelah melakukan transfer, tunggu konfirmasi berupa email dari pihak Adwords maksimal 5 hari kerja. Jika dalam 5 hari tersebut tidak ada konfirmasi email dan saldo tidak bertambah, maka lakukan langkah keempat. Berikut ini contoh email konfirmasi dan bukti bertambahnya saldo pada rekening Adwords penulis.




Langkah keempat, jika pembayaran tidak masuk, maka lakukan pelaporan melalui form investigasi pembayaran. Form ini sebenarnya digunakan untuk missing payment atau pembayaran yang tidak terlacak. Dalam form ini akan dibutuhkan informasi no rekening yang digunakan sebagai pembayaran (Reference Number or VAN), dan file softcopy struck pembayaran Adwords. Kemudian untuk validasinya paling cepat membutuhkan waktu 1x24 jam, dan ada kemungkinan begitu pembayaran tervalidasi, pemilik Account juga akan dihubungi melalui telp oleh pihak Adwords.


Demikian keempat langkah pembayaran deposit Adwords menggunakan metode transfer melalui mesin ATM. Begitu setelah saldo bertambah, selanjutnya pemilik Account dapat segera mempublish iklannya.

Comments

Popular posts from this blog

Seberapa Penting Keyword dalam Peningkatan Traffic

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019