Penurunan CPC Adsense bisa karena Murahnya CPA di Adwords

Banyak publisher Adsense saat tulisan ini ditulis, mengeluhkan penurunan CPC per hari mereka, yang artinya berkurang juga pendapatan mereka perbulannya. Termasuk pendapatan Adsense penulis sendiri.

Tulisan ini adalah hasil pengamatan penulis beriklan di Adwords setelah satu minggu, dalam rangkaian percobaan bagaimana melakukan strategi yang tepat, yaitu untuk mendapatkan income lebih dari Adsense melalui rangsangan beriklan di Adwords. Apakah untung atau merugi?


Gambar di atas adalah contoh informasi biaya beriklan menggunakan Adwords pada 10 Januari 2018, Seperti terlihat pada unit iklan Instal Caliper, rata-rata biaya per iklannya adalah cuma sebesar IDR 2. Dengan budget IDR 5000 per hari, penulis dapat menghasilkan 246 klik, dengan impresi sebanyak 12900. Ini berarti biaya untuk satu kali agar aplikasi Caliper diinstal, penulis ada yang dikenai biaya (atau CPA-Cost Per Acquisition) cuma IDR 1 saja. Dengan melihat parameter konversinya, dapat diyakinkan kepada penulis, bahwa paling tidak penulis mendapatkan 5 penginstal app Caliper.

Sehingga secara keseluruhan, dengan melihat biaya per konversi sebesar IDR 117, menurut penulis, biaya ini sangatlah murah, dibanding satu tahun sebelumnya yang hampir IDR 300 per instal.

Selain itu, melihat performa impresi (tampilan iklan), sepertinya lebih baik juga. Hal ini terlihat dari mutu klik dari impresi. Berbeda dari tahun sebelumnya, dengan jumlah impresi sebanyak itu, harusnya sudah mendapatkan jumlah klik yang lebih banyak.

Advertisement

Kemudian bagaimana dengan pendapatan Adsense? Tentu dengan melihat biaya untuk satu kali instal terdapat CPA IDR 1 saja, maka bagi publisher yang mendapatkan klik iklan di konten onlinenya ini, hanya akan mendapatkan bagian CPC sebesar nilai itu. Nilai ini sangat kecil bagi publisher, namun menurut penulis sangat adil bagi pengiklan.

Apakah untung atau rugi? Dikarenakan penulis telah memiliki banyak app dan game selain Caliper Digital yang diiklankan di atas. Pendapatan penulis lebih banyak dari biaya yang dikeluarkan untuk iklan tersebut, perharinya. Sehingga penulis masih untung.

Kesimpulannya, bagaimanapun juga, yang terpenting adalah konten yang diiklankan itu sendiri. Jika konten bagus, dapat dipastikan akan menghasilkan pendapatan yang setara dengan biaya yang diiklankan, bahkan lebih. Oleh karena itu bagi publisher Adsense yang merasa pendapatan mereka menurun, dapat memaklumi, karena harga beriklan di Adwords, memang lebih murah dibanding sebelumnya.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google