Kesalahan Penulis Lepas Jaman Now


Menjadi Blogger, mungkin saat ini telah menjadi pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan. Karena dengan meluangkan sedikit waktu perharinya saja, penulis blog sama halnya menabung dan berpotensi mendapatkan pundi-pundi uang, hanya saja dalam bentuk tulisan.

Pendapatan income Blogger adalah dengan menampilkan iklan di sela-sela tulisan mereka. 

Ketika ada seorang pengunjung, atau pembaca blog melakukan klik, atau 1000 kali iklan tampil, pemilik blog akan mendapatkan bagi hasil dari pendapatan penayangan iklan yang ditayangkan tersebut.

Bagi hasil tersebut tergantung oleh seberapa besar bagian yang diberikan oleh penyedia platform iklan. Umumnya per klik, bernilai sekitar USD 0.02.

Namun perlu diperhatikan, tulisan yang penulis maksud di sini adalah hasil tulisan blog asli karya pemilik blog sendiri. Bukan hasil copy paste dari tulisan lain atau melakukan bentuk kecurangan lain.

Meskipun kecurangan itu boleh, tetapi bagaimanapun juga melakukan copy paste sama halnya mencuri.

Kemudian kesalahan apa yang penulis maksud sebagai judul artikel ini?

Kebanyakan, penulis blog jaman sekarang menulis dan menarik kesimpulan tanpa melakukan riset terlebih dahulu.

Banyak dari mereka yang cukup sekedar menulis, bahkan mengambil isi berita, artikel dan dari sumber yang tidak jelas.

Ketidak-jelasan inilah yang lama kelamaan memunculkan berita yang disebut dengan hoax. Dan meskipun pembaca tidak dirugikan sedikitpun dalam bentuk materi, menulis sesuatu yang tidak benar sama halnya bohong, dan bohong itu dosa.

Dimisalkan ada 1000 pengunjung blog hoax perhari membaca berita bohong tulisan pemilik blog, berarti perhari maksimal pemilik blog telah menebar 1000 kebohongan.

Sungguh dosa kecil yang tidak terasa bukan?


Advertisement



Kemudian jika pemilik blog mendapatkan bagi hasil dari berita hoax tersebut, sudah dapat dipastikan income tersebut hukumnya menjadi haram.

Oleh karena itu, hendaknya menulis blog tidak hanya berorientasi pada traffic semata, adakalanya untuk menghasilkan tulisan yang bagus, seorang penulis butuh lebih dari 3 hari untuk membuat satu artikel saja.

Bahkan di luar sana, ada yang melakukan riset terlebih dahulu, seperti menguji coba metode, menyebar kuisioner, melakukan wawancara, atau selayaknya yang dilakukan wartawan pada umumnya.

Sehingga mereka tidak mengejar traffic saja, tetapi juga menjaga kualitas dari tulisan-tulisan mereka.

Dan pesan penulis kepada penulis yang lain, berhati-hatilah dengan tulisan kita. Penamu adalah pedangmu. Berhati-hati jangan sampai tulisan kita menganggu pembaca baik secara lahir atau batin. 

Alangkah baiknya jika tulisan kita bermanfaat bagi yang lain, namun disampaikan dengan cara yang benar dan dengan jalan yang baik juga.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google