Antusias Finansi Perbankan di Indonesia

Penulis tertarik membuat artikel ini, berdasarkan antusias pengguna Android di Indonesia terhadap aplikasi Bunga Tabungan buatan penulis.

Perlu diketahui, awalnya penulis hanya berniat iseng saja, membuat aplikasi Bunga Tabungan, yaitu kalkukator sederhana untuk menghitung nominal bunga yang diberikan pihak bank kepada nasabahnya.

Dan ternyata, hampir tiap harinya terdapat satu pengguna Android yang mendownload dan menginstal aplikasi tersebut.

Jumlah aplikasi terinstal di device pengguna selama 180 hari terakhir, sebelum tulisan ini ditulis ditunjukkan sebagaimana gambar berikut:


Entah pengguna mendownload untuk sekedar iseng, belajar cara menghitung bunga pinjaman atau tabungan bank, atau tujuan finansial perbankan lainnya.

Tetapi berdasarkan pengalaman penulis sebagai developer aplikasi dan game, aplikasi yang tiap harinya terdapat pengguna yang menginstal, meskipun hanya satu, atau setelah selesai lalu menguninstalnya, berarti aplikasi tersebut bagus atau memang dibutuhkan oleh pengguna.

Bunga Tabungan adalah salah satu aplikasi penulis di Computational Lab yang berkategori Productivity, dan berupa kalkulator yang sebenarnya hanya satu halaman fungsi utama saja.

Aplikasi ini berukuran kecil dan penulis distribusikan secara gratis (free), serta dengan target pengguna Indonesia saja.

Berikut ini adalah gambar grafik pengguna Bunga Tabungan berdasarkan data demografis, menggunakan Firebase Analytic:



Grafik di atas diambil dari 389 pengguna aplikasi Bunga Tabungan, yang terekam mulai tanggal 1 Januari 2019 sampai tulisan ini ditulis. Dan terlihat bahwa mayoritas pengguna adalah laki-laki dengan umur di bawah 35 tahun.

Artinya pengguna adalah usia pekerja dan produktif. 

Sehingga dapat diketahui masyarakat Indonesia yang antusias dengan finansi perbankan adalah laki-laki dewasa dengan usia mulai 18 sampai 34 tahun.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google