Koreksi Teknik SEO dengan Link Building

Ilustrasi link building (Source; Pixabay/hamonazaryan1)

Sedikit aneh, dengan tips yang diberikan oleh Montti (2019), dalam artikelnya di Search Engine Journal (SEJ) yang berjudul "This 1 Link Building Tip Will Increase Success Rate ".

Menurut dia, dengan merekomendasikan website yang sudah populer, dalam bentuk link, dapat menaikkan juga ranking website yang memajang link.

"My conversion rate went up after I started recommending popular sites" sebut Montti.

Berdasarkan pengamatan penulis, memajang link ke luar, entah itu di follow atau nofollow diproperti rel-nya, tidak ada pengaruhnya terhadap rangking website itu sendiri.

Yang berpengaruh justru website atau konten online yang dari luar yang me-link ke website sumber. Semakin banyak yang me-link, berarti semakin berpotensi untuk menaikkan rangkin web tersebut.

Sebagaimana terlihat pada properti di dalam menu link, Google search console gambar di bawah ini, laporan link menunjukkan link dari luar, bukan dari dalam keluar.


Sehingga menurut penulis, karena Montti juga tidak dapat menunjukkan bukti dengan data apapun (hanya pengamatan saja), maka sementara ini penulis lebih yakin kalau tip link building seperti di atas, penulis tidak setuju.

Terdapat kemungkinan alasan kenapa ranking website Montti dapat naik ketika dia merekomendasikan site .gov atau .edu, adalah karena kualitas tulisan dia sendiri. 

Mungkin saja pembahasannya berkualitas, karena bagaimanapun juga, seperti website pendidikan yang penulis kelola, meskipun tidak di improvisasi, impresi website .co.id tersebut selalu ada saja di mesin pencari Google tiap harinya.


Sebab selama ini teknik SEO Google yang penulis jadikan acuan, semuanya lebih mengarah ke kualitas konten, bukan hal-hal yang lain.

Dan sesuai komitmen Google sendiri, yaitu untuk menghasilkan hasil pencaharian (SERP) yang sesuai dengan apa yang dicari oleh penggunanya.

Referensi

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google