Kunci Kerja Freelance adalah Fokus

Ilustrasi freelancer (Sumber gambar: Pixabay/hitesh0141)

Mencoba dan mengamati segala macam pekerjaan freelance, kunci keberhasilannya ternyata adalah fokus.

Tidak hanya mengamati sendiri, namun penulis juga melakukan observasi dengan diskusi ke beberapa teman penulis yang juga berprofesi juga sebagai freelancer.

Berikut ini adalah kesimpulan beberapa macam pekerjaan freelance, yang berorientasi pada kebutuhan "fokus" yang diperlukan, terkait obsesi penulis belajar bisnis online:

Driver Ojek Online

Menjadi driver ojek online, memang awal-awal ketika jumlah driver masih sedikit, untuk mendapatkan Rp 200-400 ribu dalam sehari sangatlah mudah. Tetapi ketika jumlah driver lainnya semakin banyak, penghasilannya tidak akan mencukupi, jika hanya diniatkan sampingan dan harus fokus.

Fokus yang diperlukan disini, driver ternyata harus "ngetem" seharian menunggu order. Karena jika tidak, selain untuk mendapatkan jumlah gaji yang layak, maka order akan dapat diambil oleh driver yang lain, yang berakibat ratingnya semakin menurun.

Jika rating semakin menurun, maka orderpun juga demikian.

Developer Aplikasi dan Game Android

Menjadi developer aplikasi dan game Android, memang pekerjaan ini sepertinya dapat menjadi sampingan, namun faktor fokus tetap dibutuhkan disini.

Developer umumnya mendapatkan income dari menampilkan iklan di aplikasi atau gamenya. Terbukti sebagaimana yang penulis lakukan, paling tidak dengan 60 aplikasi dan game sederhana bertema pendidikan, mendapatkan income USD 30 tiap bulan, yang senilai dengan Rp 500 ribu.

Bukan ketika seorang developer berhasil membuat satu atau dua aplikasi dan game, dan itu selesai. Namun masih diperlukan tindakan berkelanjutan, seperti maintenance atau penyesuaian konten aplikasi dan game dengan kebijakan-kebijakan toko online yang baru.

Belum lagi menanggapi keluhan-keluhan negatif dari pengguna.

Jika tidak rutin melakukan perbaikan, lambat laun aplikasi akan tergerus, karena rating di store-nya juga semakin menurun.

Jualan Gambar dan Logo

Saat tulisan ini di tulis, telah banyak sekali ditemukan situs penyedia layanan penjualan gambar, foto dan logo, seperti Shutterstock, Pixabay, Getty images, Brandcrowd dan lainnya.

Untuk pekerjaan ini, yang diperlukan adalah fokus pada kuantitas.

Dengan dapat menyediakan konten gambar yang bermacam-macam, minimal 100 gambar perhari, maka incomenya pasti akan dapat dirasakan tiap bulannya.

Penulis sendiri telah mencoba Shutterstock dan Pixabay, dan telah menghasilkan income. Masing masing dari membeli gambar penulis yang seharga USD 0.25 tiap gambar di Shutterstock, dan donasi sebesar USD 5 di Pixabay.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google