Model Bisnis Langganan Surat Kabar Digital

Wall Street Journal (WJS) yang beralamat di www.wjs.com adalah salah satu surat kabar yang menggunakan model langganan untuk menjalankan bisnisnya.

Terdapat tiga pilihan berlangganan, yaitu cetak, digital atau keduanya.


Seperti terlihat dalam gambar di atas, yang penulis ambil dari screenshot halaman berlangganan website WJS, untuk berlangganan majalah dalam bentuk digital, yang cuma seharga $1 untuk dua bulan.

Harga tersebut cukup murah.

Menurut penulis, dengan slogan yang mereka sandang sebagai "America's Most Trusted Newspaper", tentu akan dapat mengundang dan menjadikan pembaca bersedia untuk menjadi pelanggan.

Tak ayal, salah satu tulisan yang berjudul "Schools Pushed for Tech in Every Classroom. Now Parents Are Pushing Back." sempat membuat pembaca tertarik untuk membacanya secara penuh.

Tentu karena slogan yang dibawanya, penulis sangat tertarik untuk mengetahui bagaimana pengarang melakukan penelitian hingga pendapatkan kesimpulan sebagaimana dalam judul tulisan tersebut.

Tentunya akan ada data hasil penelitian, pengambilan sampel, pengumpulan bukti-bukti atau kebutuhan lainnya sebagai pendukung artikel yang berkualitas.

Sedangkan di sisi lain, apa yang sedang penulis kerjakan saat tulisan ini ditulis, adalah kebalikan dari judul yang disebutkan dalam artikel di atas. Penulis malah menggagas penggunaan gadget pada anak usia sekolah untuk belajar.

Sehingga jika penulis membaca dan dapat mereferensi isi tulisan tersebut, akan sangat berguna untuk perkembangan pekerjaan utama penulis, saat tulisan ini ditulis.

Sayangnya, karena penulis tidak memiliki alokasi dana untuk menjadi pelanggan, penulis hanya bisa menikmati judul dan deskripsi singkatnya saja, yang seolah mengkritik penggunaan gadget hanya pemborosan saja, yang tidak di ikuti oleh peningkatan kualitas hasil pendidikan. 

Sebenarnya ada pilihan lain, yaitu mendaftar melalui account Google atau Facebook. Tetapi karena dari dulu penulis tidak tertarik mengkoneksikan satu account dengan account lain, terkait keamanan, penulis lebih memilih sebisa mungkin untuk menjadi pelanggan berbayar.

Oleh karena itu, WJS adalah salah satu bukti contoh bisnis surat kabar digital dengan model pendapatan dari berlangganan. Produk utama mereka adalah berita dengan kualitas tinggi dan terpercaya.

Referensi

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google