Penggalangan Dana Sosial melalui Undian Berhadiah Pulsa

Pengantar

Berikut ini adalah ide penulis yang pernah penulis coba masukkan pada suatu event ide bisnis. Karena tidak masuk, maka penulis pajang di sini siapa tahu dapat dilanjutkan dan diperbaikai oleh pembaca yang berniat untuk mengembangkannya.

Latar Belakang

Undian berhadiah merupakan sesuatu yang menarik bagi masyarakat pada umumnya, apalagi dapat diikuti secara gratis dan tanpa aturan yang ribet. Dan dengan hadiah yang berupa pulsa, yang saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok selain SEMBAKO. Undian berhadiah pulsa tersebut dapat dipastikan menjadi salah satu sumber traffic yang menarik bagi penyedia iklan.

Namun di sisi lain, menurut undang-undang, undian berhadiah yang ditujukan untuk dapat diikuti oleh masyarakat umum, haruslah melalui pengawasan KEMENSOS. Yang mana KEMENSOS dapat menolak pengajuan izin pengadaan undian, jika undian lebih menguntungkan pihak tertentu saja, terutama jika terdapat unsur jual, beli dan promosi. Oleh karena itu, dengan melihat potensi traffic di atas, dalam tulisan ini, akan dicoba dituangkan ide penulis tentang bagaimana memanfaatkan traffic undian berhadiah pulsa, sebagai media penggalangan dana untuk kegiatan-kegiatan sosial.

Skema Kerja Undian

Undian akan dilakukan melalui media app Android. App Android tersebut, terkoneksi dengan database yang berada di Server. Dengan melakukan pengaturan di Server, administrator dapat melakukan pembukaan pendaftaran, pengawasan, penutupan, dan pengundian melalui website utama. Skema alur pengundian kurang lebih sebagai berikut:

  1. Undian dilakukan persesi, dibuka pada waktu dan dengan penawaran hadiah pulsa tertentu, dan ditutup pada waktu atau kondisi yang ditentukan. Misalnya undian dibuka pendaftaran pada jam 8 pagi, dengan menawarkan hadiah pulsa Rp 50,000,-.
  2. Peserta yang ingin mengikuti undian, mendaftar melalui aplikasi Android dengan memasukkan nomor handphone dan nomor MAC Address yang digenerate secara otomatis oleh Android. MAC Address ini dimaksudkan meminimalisir nomor handphone yang didaftarkan.
  3. Dengan menekan tombol Daftar, akan ditampilkan kotak dialog yang berisi syarat dan ketentuan yang harus disetujui oleh Pendaftar. Jika pendaftar menyetujui, maka data nomor handphone dan MAC Address akan dikirimkan ke database, dan tercatat sebagai peserta undian sesuai sesi yang bersangkutan.
  4. Selama sesi belum ditutup, calon peserta dapat melakukan pendaftaran, dengan ketentuan satu device Android untuk satu nomor handphone. Dan administrator bertugas mengawasi data-data nomor handphone yang masuk. Di mana jika terindikasi nomor handphone palsu/spam, maka nomor akan dihapus sebagai peserta undian.
  5. Sesi dapat ditutup dengan aturan batas waktu, atau sesuai jumlah kuota pendaftar sesuai ketentuan administrator, dengan target 300,000 view perharinya.
  6. Setelah sesi ditutup, peserta tidak dapat melakukan pendaftaran lagi, dan dilakukan pengundian oleh Administrator
  7. Administrator harus seadil mungkin dan mengacak nomor dengan sebenar-benarnya.
  8. Ketika telah selesai diundi, nomor handphone yang menang, pulsa sesegera mungkin dikirimkan ke nomor handphone tersebut, dan dihalaman di App Android tiap peserta undian, ditampilkan nomor pemenang undian yang dihilangkan sebagian.
  9. Sesi undian ditutup, dan atau dilanjutkan ke sesi berikutnya sesuai dengan kondisi undian.
  10. Sehingga yang dilakukan peserta hanyalah mendownload aplikasi, mendaftarkan nomor handphone dan MAC Address-nya pada sesi yang bersangkutan, dan menerima pulsa bagi peserta yang memenangkan hadiah pulsa tersebut. Jika peserta tidak memenangkan undian, maka peserta dapat mendaftarkan ulang nomor handphone dan MAC Address-nya pada sesi berikutnya.

Advertisement

Sumber Income

Untuk income yang didapat, sementara ini penulis memperkirakan dapat berasal dari pemasang iklan. Seperti menggunakan program Afiliasi Google Adsense misalnya, dengan memasang satu iklan saja dihalaman pendaftaran App Android, dan target jumlah traffic di atas 10,000 organic view untuk tiap sesi, dapat diperkirakan Administrator telah mendapat keuntungan lebih besar dibanding besar pulsa yang dihadiahkan. Bersadarkan pengalaman penulis, jika dalam satu bulan bisa mendapatkan 1 juta view, keuntungan kotor yang didapatkan adalah sekitar 5 juta. Setelah dipotong biaya Administrasi dan lain-lain (sepantasnya), minimal keuntungan sebesar 3 juta dapat disumbangkan sepenuhnya ke kegiatan sosial.

Lain-lain

Berikut ini beberapa hal yang diperperlukan pada project:
  1. Perizinan undian ke KEMENSOS.
  2. Halaman privacy policy untuk input nomor handphone dan MAC Address peserta undian.
  3. Halaman syarat dan ketentuan jalannya undian.
  4. Halaman bukti penyaluran dana, keuntungan undian ke kegiatan sosial.
  5. Jika menggunakan program Afiliasi Google Adsense, maka akan diperlukan diskusi program undian dengan pihak Google sendiri di kantor pusat Jakarta. Apakah skema kerja undian, melanggar atau tidaknya dengan ketentuan yang berlaku.

Penutup

Demikian ide penulis, semoga penulis dapat mewujudkan ide yang dijelaskan di atas.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google