Produk adalah Platform Beriklan Google itu Sendiri

Setiap kali membeli smartphone Android, di dalamnya sudah terinstal berbagai macam aplikasi yang berasal dari Google. Seperti Gmail, Youtube, Google Plus. Bahkan jika bersedia, ketika awal kali masuk ke menu utama Android, pengguna langsung disuguhkan link untuk membuat email atau account baru di Google.


Google bukan tidak sengaja mensematkan aplikasi-aplikasinya tersebut dalam smartphone di berbagai vendor penyedia smartphone. Namun sebenarnya Google juga perlu membayar, untuk memastikan aplikasi-aplikasi mereka terinstal di smartphone tersebut. Tidak hanya Android, namun juga di smartphone berbasis iOS. Metode bisnis ini disebut dengan akusisi traffic.

Produk Google itu bermacam-macam. Ada yang berbayar dan juga ada yang gratis sepenuhnya.

Kebanyakan aplikasi Google yang gratis, adalah aplikasi yang mereka jadikan sebagai alat untuk beriklan. Karena bagaimana pun juga, salah satu pemasukan terbesar dari Google adalah perannya sebagai platform beriklan.

Di Google Mail misalnya, iklan akan ditampilkan sebagai kategori email Promoted. Kemudian iklan juga dapat muncul sebagai hasil pencarian di search engine. Atau di website atau blog penyedia konten online yang terdaftar sebagai Adsense Publisher.

Berbagai model dari produk Google ini sebenarnya adalah sebagai platform beriklan Google itu sendiri. Dengan banyak dan luasnya ladang beriklan tersebut, maka pengiklan akan lebih yakin dan percaya membelanjakan dana beriklannya melalui Google.

Kemudian bagaimana dengan produk Google yang tidak menampilkan iklan? Apakah juga termasuk platforms beriklannya?

Advertisement

Dalam advertising, dikenal dengan istilah engagement. Istilah ini berarti mengikat pengguna.

Produk Google yang tak beriklan ini, adalah sebagai salah satu bentuk strategi engagement di atas. Semakin banyak pengguna terikat dengan produk-produk Google, maka pengguna akan semakin sulit terlepas. Sehingga secara tidak langsung, Google akan mendapatkan konsumen pasti atau disebut juga pelanggan, yang siap menjadi target beriklan.

Selain itu, ketika menjadi bagian dari pengguna Google, seperti mendaftar email Google di atas, paling tidak ada beberapa data yang diberikan pengguna ke pihak Google.

Data pengguna ini dilindungi dan dipergunakan oleh Google sesuai dengan yang disebutkan dalam Terms and Conditions masing-masing produk. Namun tidak dapat dipungkiri, data ini adalah data yang dipergunakan Google untuk menempatkan iklan, sesuai target dari pengiklan. Sehingga segi positifnya, iklan akan dilihat dan jatuh ke konsumen yang tepat. Sedangkan biaya pengiklan akan terlindungi dan terbelanjakan dengan tepat.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google