Pentingnya Menambahkan Admob Consent SDK


GDPR adalah singkatan dari General Data Protection Regulation, yaitu Pedoman umum perlindungan data.

GDPR merupakan peraturan yang mewajibkan bisnis/usaha untuk melindungi data pribadi dan privasi warga negara Uni Eropa (UE), atas transaksi yang terjadi di negara anggota UE. Dan ketidak-patuhan dapat menyebabkan bisnis/usaha yang bersangkutan terkena pinalti atau pelanggaran hukum.

Sedangkan penulis adalah Android developer yang mempublikasikan app dan game penulis ke seluruh pengguna Android di dunia melalui Play Store, termasuk warga negara Uni Eropa (UE).

Sehingga dengan peraturan di atas, dan penulis menampilkan iklan melalui program Admob di app dan game penulis, maka untuk kedepannya aplikasi dan game penulis tersebut sangat disarankan untuk menambahkan Admob Consent SDK sebagai langkah perlindungan data pengguna di atas.

Admob Consent SDK adalah library yang berisi perizinan untuk mengambil data, seperti Advertising ID, khusus bagi warga negara yang tergabung sebagai anggota Uni Eropa (UE).

Oleh karena itu, jika pengguna bukan berasal dari Uni Eropa, maka perizinan ini tidak diperlukan.

Data seperti Advertising ID ini sensitif dan penting, karena digunakan oleh Admob untuk menampilkan iklan yang relevan bagi pengguna dan sesuai target dari klien.

Peraturan ini sebenarnya harus dipenuhi oleh setiap developer sebelum 25 Mei 2018. Namun karena penulis mengacuhkannya, baru ketika tulisan ini ditulis, penulis sadar bahwa penambahan perizinan ini sangatlah penting dan harus ada pada setiap aplikasi.

Referensi

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google