Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019


Beberapa waktu sebelum tulisan ini di tulis, diberitakan oleh Montti (2019) dari SEJ, Google melakukan update pada algorithma search enginenya.

Update tersebut adalah core update June 2019, dan merupakan update dari update sebelumnya yang diindikasi terkait bug pada algorithma Pinguin.

Penulis sangat tertarik dengan algorithma ini, karena semenjak diterbitkannya algorithma tersebut, tepatnya Penguin 4.0 (7th Penguin update) pada 23 September 2016, secara keseluruhan traffic konten online penulis lebih banyak turun, dibandingkan naiknya.

Dan mulai 2016 tersebut, penulis merasa sangat sulit sekali untuk memperoleh traffic untuk hitungan bulan.

Beginning

Perlu diketahui, sebagaimana telah dituliskan di Wikipedia (2019), algorithma Pinguin telah dikembangkan sejak tahun 2012, dan ditujukan untuk memerangi page ranking dengan teknik spamming.

Penulis, sebenarnya sudah memulai blogging semenjak tahun 2008. Dan menghindari cara-cara spamming, seperti share link di media sosial untuk menekan jumlah invalid traffic.

Namun saat itu penulis belum mengetahui cara mendapatkan income dengan blog. Sehingga tulisan penulis sekedarnya saja, tanpa dibumbui teknik SEO.

Rise

Baru pada tahun 2013, penulis mulai aktif kembali ngeblog, dan dengan orientasi setidaknya dapat memajang iklan. Di mana saat itu terdapat peraturan yang setidaknya umur blog harus berusia 6 bulan untuk dapat diikut-sertakan program Adsense.

Sehingga, penulis pun mulai membuat serangkaian tulisan untuk bereksperimen, dengan berbagai teknik SEO, berbagai tema blog, dan berusaha untuk berada di page-one SERP, namun tetap menghindari segala macam teknik spamming.

Result

Dan hasilnya, sampai tahun 2019 saat tulisan ini ditulis, blog penulis yang memang diorientasikan originalitas sejak awal, lambat laun, dalam hitungan tahun traffic pun muncul dengan sendirinya.

Sedangkan blog yang lebih banyak mengambil referensi dari blog lain, seperti blog uboiz-blog ini, trafficnya seakan dihambat.

Kemudian untuk gaya penulisan. Ternyata tulisan yang disukai orang adalah tulisan yang santai, mudah dipahami, data pendukung yang valid dan dengan paragraf pertama berisi tentang abstrak atau deskripsi keseluruhan konten.

Berdasarkan ketiga hal di atas, penulis yakin algorithma Pinguin dibuat dengan tujuan memfilter website dengan konten online yang asli dan tidak melanggar hak cipta.

Sebenarnya rambu-rambu di atas, telah disebutkan secara tersurat di Webmaster Guideline Google.

Larangan hanya copy-paste, terlalu banyak share link di media sosial atau komunitas, cloaking, redirect atau teknik lainnya disebutkan disitu.

Sehingga jika pembuat website mau menyempatkan sedikit waktu saja membaca hal tersebut, pasti blog atau website mereka dalat terindek Gokgle dan jika beruntung lambat laun masuk ke hpage-one SERP.

Other

Meskipun demikian, di mana ketika Google seakan ingin website atau blog yang mereka indek adalah konten online yang original dan terbebas dari pelanggaran hak cipta, ternyata Google sendiri masih belum memerangi pelanggaran hak cipta sepenuhnya.

Seperti yang dapat ditemukan di Youtube, saat tulisan ini ditulis, masih banyak Youtuber yang seenaknya mencomot video yang bukan miliknya sendiri, tanla ijin untuk dipajang di video mereka.

Sehingga disisi lain, penyedia website hendaknya harus berlapang dada dan sabar. Bahwa bagaimanapun juga sistem yang dibuat oleh Google adalah sistem yang dibuat oleh manusia, dan untuk manusia.

Kesimpulan
Bagi penulis, membuat konten ori, adalah termasuk dari tindakan menghargai karya orang lain. Penulis yakin, suatu hari nanti tulisan penulis akan mendapatkan traffic dengan sendirinya, meski dalam hitungan tahun.

Referensi

  • Montti, Roger. 2019. Google Announces June 2019 Broad Core Algorithm Update. https://www.searchenginejournal.com/google-june-broad-core-update/310659/amp/. Diakses tanggal 4 Juni 2019.
  • Wikipedia. 2019. Google Pinguin. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Google_Penguin. Diakses tanggal 4 Juni 2019.
  • Google. 2019. Webmaster Guideline. https://support.google.com/webmasters/answer/35769#3. Diakses tanggal 5 Juni 2019.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google