Buka Warung Bakso Berbekal Google


Kata orang tua saat tulisan ini ditulis, apa-apa serba Google. Sampai-sampai buka warung bakso sekalipun, resepnya juga mengambil dari Google. Bahkan sampai ada yang bilang, sebegitu hebatnya Google, sampai tahu resep membuat bakso Indonesia, padahal mereka berasal dari Amerika.

Pernyataan di atas, diutarakan oleh kerabat penulis yang berusia sekitar 50 tahun, menceritakan temannya yang memberanikan diri membuka warung bakso, yang digadang-gadang dengan hanya berbekal belajar dari Google.

Pernyataan tersebut memang salah, tetapi karena tidak semua orang tua bisa mengikuti perkembangan teknologi, akhirnya muncul pernyataan-pernyataan seperti itu dan lucu bagi orang yang mengerti.

Kita tidak boleh menyalahkan mereka, karena penulis yakin, generasi muda pun pasti masih ada yang berpikiran sama seperti itu.

Kemudian apakah artinya hal ini?

Saat tulisan ini ditulis, memang merupakan masa dimana internet mulai menjadi salah salah satu kebutuhan pokok setiap orang. 

Bahkan terdapat istilah Internet Of Things (IOT), yang implementasinya berarti mengintegrasikan data-data pekerjaan dengan gadget yang digunakan tiap hari, agar pekerjaan dapat dimonitor dari mana saja dan tidak harus berada kantor.

Apalagi ditambah dengan perkembangan teknologi 5G sebentar lagi, IOT dipastikan tidak akan dapat dibendung lagi.

Contoh pemilik warung bakso di atas, meskipun bukan termasuk IOT, setidaknya yang dia lakukan adalah contoh dari perubahan pola pikir masyarakat.

Tanpa harus ikut kursus memasak, cukup dengan melihat tutorial membuat bakso yang disediakan melalui media Youtube, dengan bereksperimen kecil-kecilan di dapur, bakso pun jadi dan dapat dijual serta menghasilkan income.

Meskipun kata kerabat penulis, bakso tersebut rasanya "biasa saja", setidaknya hal itu adalah bukti bahwa internet telah membawa dampak secara langsung dalam hal mencari lapangan pekerjaan.

Apalagi jika pemilik warung mengetahui cara menggunakan Google My Business, pasti potensi warungnya dikenal oleh pengguna internet, akan menjadi lebih besar lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan