Kebijakan Penting Play Store 2019

Ilustrasi perlindungan data (Sumber:Pixabay/aitoff)

Beberapa waktu sebelum artikel ini ditulis, Google Play melakukan kebijakan baru yang lebih terkait dengan perekaman data oleh aplikasi atau game yang didistribusikan melalui platform ini.

Konsekuensinya, setiap aplikasi dan game harus menyertakan privacy policy, yang menjelaskan data apa saja yang direkam dan digunakan oleh aplikasi atau game.

Selain itu, untuk aplikasi yang menampilkan iklan, perlu ditambahkannya keterangan Consent Request dan App Content, tidak lain untuk melindungi pengguna, terutama pengguna yang berumur dibawah 18 tahun.

Konon, seperti diberitakan oleh Hesse (2019), banyak aplikasi dan game yang dibanned atau disuspend oleh Play Store. Termasuk aplikasi buatan penulis, beberapa aplikasi buatan sudah tidak dapat tampil di Play Store lagi.

Untungnya mayoritas aplikasi dan game penulis tidak membutuhkan koleksi data pengguna, sehingga masih dapat di download melalui Play Store.

Consent Request adalah perizinan untuk menampilkan iklan, untuk pengguna yang berada di wilayah Uni Eropa. Sedangkan App Content adalah control aplikasi untuk dapat tampil di device Android sesuai umur pengguna.

Contoh implementasi App Content

Misalnya jika App Content diisi dengan range aplikasi untuk pengguna usia mulai 13 tahun keatas, maka dalam aplikasi akan muncul label "Not designed for children".

Kedua hal di atas sangat diperlukan aplikasi dan game, jika aplikasi dan game tersebut menampilkan iklan. Karena pada umumnya iklan disediakan oleh pihak ketiga, yang kadang tidak sesuai dengan konten.

Referensi
  • Hesse, Brendan. 2019. Delete These Banned Apps From Your Android Phone. https://lifehacker.com/delete-these-banned-apps-from-your-android-1836494919/amp. Diakses 20 Juli 2019.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google