Cara Efektif Beriklan di Adwords

Seperti yang penulis singgung pada posting sebelumnya. Beriklan di Adwords dapat dikatakan mudah, dan dapat dikatakan sulit.

Dikatakan mudah, karena dengan satu pengaturan saja, iklan akan segera tampil dan siap dilihat oleh beribu-ribu pengguna internet. Dikatakan sulit, karena jika pengaturan iklan tidak tepat, maka dana beriklan akan cepat habis dan tidak tepat sasaran.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa tip yang dilakukan penulis agar iklan Adwords penulis tepat sasaran dan sesuai dengan target.

Pilih Jenis Iklan

Di Adwords terdapat beberapa macam iklan. Pengiklan hendaknya melakukan penyesuaian yang tepat sesuai produk yang akan diiklankan. 

Untuk mendapatkan traffic website misalnya, pengunjung dapat memilih mode Search Networks atau Display Network.


Secara target beriklan, Search Network ditargetkan iklan akan muncul di hasil pencaharian Google. Sedangkan Display Network, iklan hanya akan muncul di konten online Adsense Publisher, misalnya di website, blog, video Youtube, app atau game. 

Berdasarkan pengamatan penulis, iklan dengan Display Network lebih murah dan lebih banyak penayangannya, sedangkan penayangan untuk Search Network lebih sedikit dan mahal, namun menurut penulis lebih mengena.

Budget yang Tepat

Di Adwords terdapat dua budget, pertama budget CPA (Cost Per Acqusition), atau kisaran biaya periklan muncul, dan kedua budget perhari. 


Pilihan budget beriklan ini akan muncul ketika pengiklan memilih tipe beriklan dengan menggunakan pilihan Target CPA. Penulis lebih memilih sasaran beriklan seperti ini, dengan sub pilihan automatically maximize CPA agar penulis dapat menentukan biaya tampil iklan sendiri dan biaya lebih terkontrol. Apalagi ditambah pilihan penentuan budget perhari, penulis dapat menentukan kisaran biaya yang dihabiskan perharinya. Meskipun kenyataannya terkadang melebihi target tersebut. 

Penulis pernah melakukan pilihan CPA otomatis sesuai yang disarankan Adwords, namun pilihan otomatisasi ini penulis rasa iklan jatuh, diklik dan website pun dikunjungi dengan biaya yang terlalu tinggi periklannya. Sehingga dengan budget perhari yang telah ditentukan, penulis hanya mendapatkan jumlah pengunjung yang sedikit saja.

Selalu Amati dan Mencoba

Perlu diketahui, sistem beriklan Adwords adalah semacam lelang. Lelang yang dimaksudkan disini adalah berdasarkan harga keyword (kata-kata) atau space yang diatur pada iklan. 

Untuk keyword yang banyak dicari orang, harga lelang per keyword-nya akan semakin mahal, sedangkan untuk keyword yang jarang dicari orang, harganya akan semakin murah.

Begitu juga dengan space iklan di konten online Adsense Publisher. Jika konten onlinenya semakin banyak pengunjungnya, maka harga space iklannya semakin mahal. Dan jika pengunjungnya sepi, space iklannya semakin murah.

Tetapi yang perlu garis bawahi adalah harga lelang keyword dan space iklan sewaktu-waktu dapat berubah. Selain tergantung berdasarkan traffic pengunjung yang melakukan pencarian dengan keyword yang bersangkutan. Juga berdasarkan ada dan tidaknya pengiklan lain. 

Misalnya iklan A dengan harga CPA IDR 200, dapat muncul hari ini dan mendapatkan 1000 kali penayangan. Namun dihari lain karena terdapat pengiklan lain, dan dengan harga CPA iklannya lebih tinggi. Maka iklan A akan sulit muncul dan hanya mendapatkan 10 kali penayangan. Kemudian begitu dana pengiklan lain tersebut habis, iklan A dapat kembali muncul dan mendapatkan 1000 kali penayangan lagi.

Advertisement

Sehingga dengan melihat kondisi di atas, jika beriklan di Adwords, yang perlu dilakukan adalah selalu mengamati dan mencoba. 

Strategi yang penulis lakukan adalah, penulis melakukan pengaturan CPA dengan nilai IDR 10 dulu. Penulis lihat hasilnya sehari kemudian, berapa jumlah penayangan dan kliknya. Jika jumlah penayangan dirasa kurang, penulis menaikkan CPA-nya dengan penambahan IDR 2, menjadi IDR 12. Begitu seterusnya, tiap harinya sampai ditemukan nilai CPA yang cocok. 

Kenapa dilakukan rentang satu hari dan dengan penambahan IDR 2? Berdasarkan pengalaman penulis, untuk traffic web, penambahan IDR 2 saja bisa jadi sangat signifikan perbedaan traffic hasilnya. Sehingga jika pengiklan memiliki budget yang terbatas, ambang IDR 2 aman agar budget tak berlebih.

Timbang Dua Kali Kesempatan

Adwords memberikan tawaran-tawaran kesempatan (Opportunities), biasanya berupa saran untuk menaikkan budget perhari suatu kampanye iklan, jika pada hari tersebut nilai CPA berada di harga kisaran lelang.



Pengiklan boleh menyetujui saran tersebut, namun selama beberapa kali yang penulis alami, setiap kali penulis menyetujui saran kesempatan tersebut. Serigkali iklan jatuh ke pengunjung yang salah dan bahkan budget per hari penulis terlampaui. Sehingga sampai tulisan ini ditulis, penulis lebih mengabaikan dan atau mengambil tindakan sendiri berdasarkan saran kesempatan yang diberikan Adwords tersebut.

Demikian uraian penulis bagaimana cara efektif beriklan di Adwords berdasarkan pengalaman penulis. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Seberapa Penting Keyword dalam Peningkatan Traffic

Deposit Adwords dengan Transfer Mesin ATM

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019