Domain .com lebih Diutamakan dibanding .co.id

Satu hal yang menarik dan tidak disangka penulis sebelumnya. Ternyata search console melakukan pengindekan secara terpisah, untuk domain yang sama, namun berakhiran berbeda seperti .com dan .co.id.

Seperti perbedaan pada blog penulis yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Performa https://ube-icunk.blogspot.com


Performa https://ube-icunk.blogspot.co.id

Pada kedua gambar tersebut, terlihat bahwa domain .co,id seperti tidak ada aksi sama sekali, sedangkan yang berakhiran .com performanya terlihat, meskipun sedikit.

Padahal secara kunjungan, blog penulis paling tidak dikunjungi dengan jumlah traffic rata-rata sampai 20 kunjungan per hari.


Artinya, pengindekan search console dilakukan secara terpisah, dan bahkan hal itu sudah dilakukan oleh Google sebelum url-nya di submit sebagai property baru.

Perlu diketahui, penulis baru memasukkan url .com tersebut ke search console, masih terhitung sekitar 16 hari sebelum tulisan ini ditulis.

Sesuai konten, blog penulis berbahasa Indonesia, dan berisi terkait apa saja pengalaman penulis. Cerita, promosi, marketing, ide penelitian, bisnis, dan termasuk pengalaman dalam membuat program.

Sehingga dapat dikatakan, blog penulis bertema gado-gado. Dan itu kurang baik untuk SEO (katanya). Dan hal ini juga menunjukkan, bahwa domain .com lebih diutamakan oleh Google, dibanding .co.id.

Dan perlu diketahui pula, saat tulisan ini ditulis, kurang lebih blog penulis tersebut telah berumur lebih tiga tahun, sehingga wajar jika Google bot telah mengindek, sebelum penulis mendaftarkannya.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google