Paragraf Pertama adalah Factor Penting SEO


Setelah mengira Google dengan teknologi Artificial Intelligence-nya, sudah mengabaikn meta description dan justru langsung melihat ke isi konten itu sendiri untuk meranking suatu halaman website, pada 17 Mei 2019 muncul berita bahwa Google kembali mengacu meta description sebagai salah satu faktor penting, ranking suatu halaman website.

Berdasarkan artikel yang ditulis oleh Montti (2019) di searchenginejournal.com, tentang tiga faktor SEO (Search Engine Optimatization), dan merupakan hasil wawancara dengan Google Webmaster Trends Analyst, Martin Splitt, disebutkan bahwa meta description menjadi salah satu faktor utama bagaimana Google menilai tingkat kerelevanan suatu halaman website.

Tingkat kerelevanan ini tidak lain adalah parameter yang digunakan Google, sebagai penyedia layanan search engine, dalam meranking halaman website, untuk memberikan hasil pencaharian yang tepat dan cocok, sesuai kebutuhan dan kepuasan pengguna.

Padahal sebelumnya (asumsi penulis pribadi), karena banyak pemain curang SEO memanfaatkan parameter ini, meta description sudah tidak digunakan acuan lagi, dan isi dari konten itu sendirilah yang langsung dijadikan pertimbangan tingkat kerelevanan konten tersebut.

Hal itu ditunjukkan oleh beberapa konten online penulis yang dapat terindek di mesin pencari Google, dengan kata-kata di paragraf paling bawah, dapat muncul sebagai snipset. Dan penulis mengira teknologi Artificial Intelligence yang Google sematkan dalam search enginenya, telah mampu mengambil intisari dari suatu halaman website dengan melihat seluruh isi konten dan digunakan sebagai faktor ranking.

Kemudian apakah artinya kembalinya meta description ini?

Bagian deskripsi sama halnya sebagai abstrak dalam suatu karya ilmiah.

Dan biasanya, untuk website yang menggunakan Content Management System (CMS) yang tidak menggunakan pilihan custom meta description, mengambil paragraf pertama sebagai nilai ini.

Oleh karena itu, untuk tenaga yang bekerja membuat konten online berupa tulisan untuk halaman website, menuliskan intisari konten pada paragraf pertama adalah hal yang sangat disarankan jika tujuannya untuk SEO.

Referensi

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google