Tips Awal Membuat Aplikasi Android

Bagi sebagian orang yang awam tentang pemrograman dan ingin membuat aplikasi Android, pasti bertanya-tanya bagaimana cara membuat aplikasi Android yang cepat dan yang paling penting dapat menghasilkan income sebagai sumber pendapatan online bagi pembuatnya. Untuk menjawab hal tersebut, terdapat beberapa jawaban yang dapat dipilih oleh pembaca sebagaimana berikut:



Pertama, creator aplikasi harus belajar tentang bahasa pemrograman Java. Karena sampai tulisan ini ditulis. App dan game Android kebanyakan masih dibuat dengan Java. Adapun game Android yang dibuat berbasis bahasa C atau bahasa lainnya, namun hal tersebut bukan untuk pemula, sebaiknya bagi pemula langsung belajar Java dulu, dan jika berkeinginan untuk membuat game, khususnya game 3D, sambil disisipi belajar tentang OpenGL. Selain itu, karena OS Android terus berkembang, belajar Android seperti ini tidak terlalu beresiko, creator paling tidak mampu meng-upgrade atau me-maintance sendiri aplikasinya ketika ada perubahan engine di Android untuk versi terbaru. Contoh app dan game Android yang penulis buat dapat dilihat disini.

Kedua, creator dapat membuat aplikasi atau game Android dari template yang sudah ada. Baik template yang free, maupun berbayar yang dapat dicari dipenyedia template Android dengan search engine. Resikonya, creator akan sedikit kesulitan untuk memaintance aplikasi, karena dimungkinkan tidak tahu bagian mana yang harus diperbaiki. Kelebihannya aplikasi dapat dibuat lebih cepat dibanding harus membuat sendiri dari awal.

Ketiga, creator dapat membayar programmer untuk membuatkan aplikasi atau game sesuai idenya. Resikonya sama dengan membeli template, tetapi ditambah ide creator dapat dicuri, dijual, atau dibuat ulang oleh programmer setelah selesai dibuat.

Comments

Popular posts from this blog

Deposit Adwords dengan Transfer Mesin ATM