Satu Game tidak Berarti Langsung Berhasil
Image source:Pixabay/Pexels |
Seorang developer muda, beranggapan bahwa dengan satu game yang berhasil dibuatnya, dapat membawa dia langsung menjadi "kaya".
Anggapan ini muncul, dari rasa senang dan bangga yang berlebihan, dari developer junior bimbingan penulis.
Dia membayangkan andai game yang dibuatnya seperti Flappy Bird, yang dikembangkan oleh Dong Nguyen dan berpenghasilan sampai $50.000 per hari (Wikipedia, 2019), dapat dipastikan kekayaan tersebut dapat dicapainya dalam waktu singkat.
Melihat pandangan seperti itu, sebagai pembimbing, penulis hanya bisa menasehati secara halus. Karena bagaimana pun juga penulis pernah berpikir seperti itu, dan kenyataannya tidak semua developer beruntung seperti Dong Nguyen.
Sampai tulisan ini ditulis, penulis masih berjuang cara bagaimana cara membuat game yang populer. Di mana penulis telah membuat kurang lebih 50 app dan game Android, dengan nama developer Computational Lab di Google Play Store.
Ternyata tidak diperlukan ide orisinal saja, tetapi perlu memperhatiakan aspek-aspek lain, seperti hak cipta karakter, hak cipta gameplay terhadap game lain, rating game, penempatan iklan, penambahan consent request, bugs, maintenance dan lain sebagainya.
Seperti dituliskan dalam Wikipedia juga, dalam perjalanannya Flappy Bird konon mendapat pertentangan hukum dari Nintendo, karena persamaan visual dengan game Mario, dan sampai mengakibatkan Flappy Bird dihapus dari Apple's App Store dan Play Store.
Sehingga, menurut penulis, dengan satu game dan satu pengalaman saja belum cukup membawa seorang game developer untuk menjadi kaya.
Referensi
- Wikipedia. 2019. Flappy Bird. https://en.wikipedia.org/wiki/Flappy_Bird. Diakses tanggal 23 Juni 2019.
Comments
Post a Comment