Ide Bisnis Penyedia Jasa Pembuatan Website Yayasan Yatim Piatu

Tulisan ini adalah sebuah ide bisnis penulis yang sebenarnya penulis ingin lakukan sejak dulu. Dikarenakan keterbatasan penulis, meliputi waktu, modal, fokus usaha, dan marketing, penulis sampai tulisan ini dibuat hanya dapat menuangkannya idenya di sini. Semoga diluar sana, ada pembaca yang bersedia untuk melanjutkan ide bisnis yang penulis ceritakan disini.

Sepintas memang seakan membuat Yayasan Yatim Piatu sebagai media bisnis bukanlah hal yang bijak, namun penulis harap pembaca mau membaca ide bisnis ini sampai akhir, kemudian silahkan pembaca memberi komentar dibawah, apakah ide bisnis ini melanggar atau tidak. Jika memang tidak sesuai, penulis akan dengan senang hati menghapus artikel ini. 

Konsep dasar ide bisnis ini adalah membuatkan website Yayasan Yatim Piatu, terutama yayasan yang berada di pedesaan atau di lingkungan terpencil. Alasan kenapa Yayasan Yatim Piatu ini harus memiliki website. pertama para donatur yang ingin mendonasikan sebagian hartanya untuk kepentingan anak yatim, akan segera dapat menemukan informasi tempat, atau sekedar no rekening donasi untuk mengirimkan sumbangan atau zakatnya. Tentunya no rekening Yayasan, bukan no rekening pribadi. Sehingga dengan adanya website, Yayasan Yatim Piatu akan mudah ditemukan, sekaligus sebagai media promosi kepada khalayak publik.

Alasan kedua, donatur yang telah menyumbangkan hartanya, pasti ingin mengetahui perkembangan hasil penyaluran sumbangannya kepada Yayasan yang bersangkutan. Dengan Yayasan mengupload berita-berita setiap kali ada kegiatan, prestasi-prestasi anak yatim, penyaluran ke modal usaha dan lain sebagainya ke website, donatur minimal akan merasa tentram hatinya, mengetahui bahwa donasinya tersalurkan dengan tepat. 

Kedua hal di atas adalah kunci dari ide bisnis ini, yaitu traffic. Traffic dari orang yang mencari informasi Yayasan, dan traffic setiap kali orang kembali ke website, untuk mengetahui informasi perkembangan donasinya. Kedua traffic ini penulis rasa berpotensi besar sebagai media beriklan penyedia jasa. Misalnya sebuah software house memberikan jasa pembuatan website Yayasan Yatim Piatu secara gratis. Dengan memanfaatkan produk Google Blogger sebagai hosting dan 250 ribu untuk membeli nama domain sesuai nama Yayasan untuk hosting blog tersebut, modal yang diperlukan untuk membuatkan website tiap Yayasannya kurang lebih sekitar 500 ribu. Sedangkan software house tidak memungut biaya tersebut, namun menitipkan link promosi ke website atau produk mereka sendiri di website Yayasan. Link promosi tersebut tidak boleh mencolok dan haruslah sopan. Sehingga dengan adanya link tersebut, penulis yakin, traffic ke website atau produk software house itu sendiri dapat se-ramai sesuai jumlah Yayasan yang mereka buatkan websitenya, berdasarkan pengamatan penulis biasanya sepertiga dari traffic utama.

Dan pelaku bisnis yang cocok untuk menjalankan bisnis di atas, adalah orang/perusahaan yang sudah memiliki produk sendiri, bukan orang/perusahaan yang memang menyediakan jasa di atas, kecuali memang benar-benar menyediakan jasa tersebut dalam bentuk donasinya.

Demikian ide bisnis ini, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google