Pelanggan Organic

Ilustrasi bisnis bidang teknologi (Sumber gambar: Pixabay/kaboompics)

Terkait dengan alasan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) massal yang dilakukan salah satu perusahaan e-commerce Bukalapak beberapa waktu sebelum tulisan ini ditulis, yang menyebutkan bahwa langkah tersebut sebagai bentuk efisiensi perusahaan agar balik modal, penulis melihat disinilah pentingnya yang disebut sebagai "pelanggan organic".

Penulis adalah seorang Android developer dengan nama Computational Lab di Play Store. Sehingga dalam tulisan ini, penulis lebih membahas ke aspek pengguna aplikasi.

Sebagai salah satu pengguna Bukalapak, memang belanja di platform ini, dihitung-hitung dengan sistem komisi menjadikan barang lebih mahal dibanding perusahaan kompetitornya.

Namun secara pembuatan aplikasi, Bukalapak memang penulis akui yang terbaik.

Manajemen big data-nya sudah teratur.

Terbukti dari aplikasinya yang tidak sering crash, meskipun membutuhkan hitungan detik untuk membuka halaman secara penuh.

Kemudian mengenai strategi bakar uang yang menjadi salah satu penyebab tidak langsung PHK, pernah penulis cari tahu pengertian/tujuan sebenarnya strategi tersebut.

Kebanyakan sumber menyebutkan, bakar uang itu tidak lain untuk mendapatkan pengguna yang bisa sampai level sebagai pelanggan (Subscriber).

Tetapi tidak semua pelanggan itu adalah pelanggan asli.

Berdasarkan pengalaman penulis, salah satu ukuran keberhasilan sebuah aplikasi Android adalah jumlah banyaknya pengguna yang masih mempertahankan aplikasi tersebut terinstal di device Android mereka.

Pengguna semacam ini adalah pengguna yang memang membutuhkan atau tahu kegunaan aplikasi itu sebenarnya.

Dan pengguna inilah yang penulis sebut sebagai pelanggan organic.

Istilah pelanggan organic ini hanya untuk penulis pribadi.

Ada juga pengguna yang menginstal, setelah mencoba dan merasa tidak sesuai, pengguna tersebut langsung menguninstalnya.

Namun pengguna seperti ini adalah pengguna biasa, yang justru jumlahnya lebih banyak dibanding pelanggan organic.

Berdasarkan pengamatan penulis, perbandingan jumlahnya 1 dari 100 pengguna yang menginstal aplikasi, adalah pelanggan organic.

Dibawah ini adalah grafik jumlah aplikasi Algebra Equation Calculator masih terinstal di device Android per 14 September 2019, dan dalam rentang 180 hari menggunakan aplikasi Play Console:


Dari gambar diatas, penulis dapat menyimpulkan pelanggan organic aplikasi penulis berjumlah 2436 pengguna.

Kemudian jika melihat Aplikasi Bukalapak telah di download oleh lebih dari 10 juta orang, kemungkinan pelanggan organic-nya bisa mencapai 100 ribu orang.

Bayangkan jika pengguna active itu hanya membuka aplikasi dan melihat iklan di dalam aplikasi Bukalapak perhari, tentu akan menjadi mahal biaya sewa ruang iklan di aplikasi tersebut.

Dan jumlah itu, menurut penulis sangat potensial jika Bukalapak dijadikan platform beriklan.

Misalkan jika dari 4 ribu traffic setara dengan 1 USD, dan dari 100 pelanggan di atas bisa menghasilkan 100 ribu traffic saja tiap hari, maka Bukalapak akan bisa mendapatkan income 25 USD tiap harinya, yang artinya 750 USD (sekitar IDR 10 juta) tiap bulan dari beriklan saja.

Kemudian disisi lain, rating tidak menentukan pelanggan organic.

Berdasarkan pengalaman penulis, pengguna yang menyempatkan waktu memberi rating, justru pengguna yang bermasalah ketika aplikasi yang bersangkutan dijalankan di device mereka.

Ada yang karena aplikasi atau game sudah tidak support di versi Android terbaru, engine yang kadaluarsa, fungsi yang deprecated, bug, crash, blinking dan error-error lainnya.

Sehingga rating yang didapatkan cenderung rating yang negatif.

Berikut ini adalah bukti bahwa meskipun jumlah pengguna organic naik tiap harinya, rating aplikasi Algebra Equation Calculator penulis justru turun.


Oleh karena itu, orientasi mencari pelanggan organic penting untuk keberhasilan aplikasi. Terutama aplikasi yang berorientasi untuk menampilkan dan mendapatkan income dari iklan.

Penulis tidak mengatakan Bukalapak gagal dalam menggaet pelanggan organic ini. Mungkin ada faktor-faktor lain, baik internal maupun eksternal yang menjadi rahasia perusahaan, yang penulis tidak berhak mengetahuinya.

Referensi

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google