Pengaruh Pageview terhadap Pendapatan Adsense

Pada tulisan ini adalah hasil pengamatan penulis tentang pengaruh pendapatan Adsense, yang penulis gunakan untuk memonetize aplikasi-aplikasi edukasi yang dapat pembaca lihat pada Edugameapp. Perlu diketahui penulis berorientasi pada organic traffic dan lebih mengarah pada PPC (Pay Per Click) sebagai sumber income utama.


Traffic adalah hal yang paling utama dalam pendapatan Adsense. Semakin tinggi traffic, semakin tinggi pula potensi untuk mendapatkan PPC. Normalnya dari 100 pageview (iklan tampil) terdapat satu klik saja. Sehingga jika minimum klik $0.02, maka dari 1000 kali pageview perhari, paling tidak kita bisa menabung $0.1 perharinya.

Namun nilai dalam satu klik tidak selalu $0.02 saja. Hal ini tergantung kepada nilai CPC (Cost Per Click) yang diset oleh sang pengiklan dan harga lelang space iklan yang terakumulasi secara otomatis dalam sistem Adsense. Semakin tinggi traffic yang mengarah ke content online kita, maka iklan-iklan yang siap tampil di content online kita tersebut, adalah iklan dengan nilai CPC tinggi. Sehingga ketika terdapat satu klik saja, nilai PPC yang didapat adalah lebih dari $0.02, dan atau bisa sampai sekitar $3.  Oleh karena itu, berdasarkan pengamatan penulis, untuk mendapatkan target pembayaran Adsense $100 perbulan, paling tidak content online kita harus mendapatkan 6000-10000 pageview perharinya. Yaitu kita bisa mendapatkan $3-$4 perharinya.

Selanjutnya, karena aplikasi yang dibuat penulis berorientasi pada pendidikan, jumlah traffic dan PPC dipengaruhi juga oleh pergantian semester dan musim liburan, terutama liburan musim panas. Pada musim seperti itu biasanya tidak hanya traffic saja yang menurun, tetapi nilai PPC juga. Penurunan PPC ini dapat dipengaruhi oleh setting pengiklan sendiri, yang tidak memasang biaya tinggi pada iklannya. Sehingga pada musim liburan, pendapatan Adsense cenderung menurun.

Comments

Popular posts from this blog

Deposit Adwords dengan Transfer Mesin ATM