Aplikasi Aneka Tarif sebagai Penimbang Penawaran Harga Barang dan Jasa Traveler

Berikut ini adalah proposal aplikasi yang pernah penulis coba ikutkan dalam suatu lomba. Karena tidak masuk, penulis posting saja disini, siapa tahu ada pembaca yang tertarik dan mengembangkan ide bisnis yang tersirat di dalamnya.

Latar Belakang

Ketika bepergian, seringkali kita dihadapkan pada permasalahan patokan harga yang tidak terduga oleh penjual makanan/minuman, kondektur Bus, tukang ojek, supir taksi, dan lain sebagainya. Hal ini dapat diakibatkan oleh budaya, kondisi alam, atau watak dari orang-orang yang berada di sekitar area tempat yang kita singgahi tersebut. Sebagian traveler mungkin akan bersedia berdebat untuk mendapatkan harga yang pantas. Namun bagi sebagian besar traveler lainnya, mungkin akan lebih memilih diam, dan tetap membayar sesuai tarif yang dikenakan dan dengan kecewa. Tetapi sebaliknya, jika kita berlaku sok tahu, dan tiba-tiba mematok harga seenak kita, rasa malu pasti akan muncul, jika mereka menertawai kita akibat harga yang kita tawarkan terlalu murah. 

Oleh karena itu, diperlukan suatu alat bantu yang dapat digunakan sebagai media informasi harga jasa yang uptodate, mudah diakses dan pengguna dapat turut serta berkontribusi menyumbangkan pengetahuan mereka tentang harga jasa terbaru. Sehingga selain mereka dapat menentukan harga yang pantas atas jasa atau barang yang akan dibeli, sesuai dengan waktu dan kondisi yang terjadi pada saat itu, juga mereka dapat membantu traveler lainnya agar tidak terlalu banyak merugi akibat oknum penjual, kondektur, supir dan oknum-oknum lainnya.

Advertisement

Rumusan Masalah

Implementasi aplikasi Aneka Tarif yang akan dibuat haruslah bersifat uptodate, mudah diakses, dengan pengguna dapat berkontribusi aktif dalam menambahkan/mengurangi data adalah aplikasi yang berbasis web. Selain karena bersifat cross-platform, dengan membuat aplikasi dalam bentuk web app, manajemen database akan lebih mudah, dan dimungkinkan akses secara native, dengan aplikasi yang dibuat dengan iOS dan Android. Oleh karena itu, pembuatan aplikasi akan lebih mengarah untuk berbasis web, yang berupa social network dengan harapan aplikasi dapat didistribusikan dan diakses dengan mudah melalui web browser yang terdapat pada masing-masing gadget pengguna, dan dengan pola pengembangan dan penambahan fitur yang juga akan menyesuaikan keaktifan para pengguna itu sendiri. Semakin banyak respon positif dari pengguna, maka pengembangan aplikasi dan distribusi menjadi lebih besar dan potensi aplikasi sebagai media beriklan menjadi semakin tinggi dan meluas.

Implementasi Aplikasi

Aplikasi Aneka Tarif dibuat dalam bentuk social network berbasis web site dengan nama domain AnekaTarif.com atau semacamnya. Untuk mendapatkan informasi tentang harga barang dan jasa tertentu di suatu tempat, pengguna mengakses aplikasi ini dengan web browser yang terdapat di gadget mereka, dan pengguna akan mendapatkan daftar harga barang yang dicari dan tersortir sesuai tanggal posting, dimana pengguna diharapkan dapat menyimpulkan kisaran penawaran harga sendiri sebelum dan ketika melakukan transaksi pembelian. Jika ketika pembelian pengguna mendapatkan harga yang berbeda, menarik dan ingin membaginya sebagai harga barang atau jasa yang baru di aplikasi Aneka Tarif, pengguna yang sudah terdaftar sebagai member akan dapat memposting info harga baru tersebut secara langsung, dan setelah divalidasi oleh admin, harga akan diposting sebagai harga baru di database. Kemudian baru pengguna lain akan mendapatkan rekomendasi pilihan harga baru tersebut ketika melakukan pencarian.

Disamping itu, database aplikasi Aneka Tarif harus dapat beradaptasi sesuai kebutuhan data. Semakin banyak macam posting harga barang dan jasa yang diinputkan oleh member, sistem database Aneka Tarif harus dapat mengklasifikasikannya secara otomatis. Sehingga aplikasi Aneka Tarif akan dapat berkembang dengan sendirinya. 

Potensi Aplikasi 

Selain para Traveler, aplikasi ini ditujukan juga untuk siapa saja yang akan melakukan perjalanan. Terutama bagi mereka yang lebih memanfaatkan fasilitas angkutan umum, karena pada jalur kendaraan umum ini, perbandingan harga barang dari harga normal, dan seringkali ditemukan dua kali lipat lebih tinggi. 

Kebutuhan informasi tentang harga barang dan jasa di tempat tujuan sebagaimana di atas, merupakan daya tarik utama yang ingin ditawarkan oleh aplikasi Aneka Tarif ini kepada pengguna. Pengguna akan mengakses aplikasi ini, untuk me-survey harga barang atau jasa yang dibeli di tempat yang dituju. Pengguna juga akan kembali mengakses aplikasi, ketika pengguna ingin membeli barang atau jasa yang lain, atau kembali melakukan perjalanan ke tempat yang sama, namun di waktu yang berbeda. Semakin sering pengguna bepergian, maka potensi akses aplikasi oleh pengguna sebagai pelanggan, atau bahkan menjadi member, juga akan menjadi besar.

Dengan pola kebutuhan akses seperti yang disebutkan di atas dan dengan jumlah pengguna yang sudah terdaftar sebagai member, akan dapat diketahui potensi aplikasi Aneka Tarif sebagai media promosi bagi investor dan pemasang iklan. Semakin banyak jumlah member, menunjukkan iklan yang dipasang di aplikasi Aneka Tarif semakin sering dilihat. Dalam perkembangannya, seiring dengan bertambah banyaknya jumlah pengguna, member, aneka macam tarif, dan pemasang iklan, aplikasi Aneka Tarif akan tentu mendapatkan income yang juga akan semakin meningkat. Dengan income yang meningkat tersebut, aplikasi aneka tarif juga akan membutuhkan tenaga kerja yang baru, dan membuka ladang pekerjaan lain, seperti bagi penyedia database, hosting, dan pihak yang bekerjasama dengan Aneka Tarif lainnya.

Advertisement

Tuntutan Aplikasi

Untuk menjaga kepercayaan konsumen dan menarik mereka sebagai pelanggan, berikut beberapa hal yang akan diperhatikan dalam aplikasi Aneka Tarif, yaitu:

  1. Ke-uptodate-an harga barang dan jasa
  2. Sistem database yang dapat beradaptasi otomatis
  3. Manajemen iklan yang baik
  4. Kecepatan akses
  5. Manajemen pemasaran yang profesional
  6. Perlindungan hukum yang kuat

Uraian Kebutuhan Alat

Aplikasi Aneka Tarif akan dibuat dalam versi web yang akan membutuhkan rangkaian alat yang antara lain:

  1. Hosting dan Hostname AnekaTarif.com
  2. Database MySql atau semacamnya
  3. Account Developer iOS dan Google Play Console
  4. Home Base
  5. Beberapa Paket PC/Laptop untuk kebutuhan pengembangan dan administrasi

Uraian Pekerjaan

Aplikasi Aneka Tarif akan membutuhkan tenaga untuk menjaga keberlangsungan aplikasi, yang meliputi tenaga untuk pengembangan fitur, isi dan promosi. Tenaga-tenaga tersebut antara lain:

Pengembang atau Developer

Divisi yang bertugas memperbaiki bug, mengembangkan fitur dan memanajemen iklan yang ditayangkan. Tenaga pengembang tersebut meliputi:

  • Bidang ahli keamanan web.
  • Bidang ahli native app, yaitu untuk pengembangan versi aplikasi yang ditujukan untuk gadget smartphone yang menggunakan operating system iOS dan Android.
  • Bidang ahli pemasaran atau promosi.
  • Bidang ahli hukum, sebagai staf perlindungan aplikasi terhadap tuntutan hukum konsumen.

Tenaga Admin


  • Tenaga admin member. Selain sebagai validator member yang baru, tenaga ini juga bertugas untuk mengawasi adanya penyalahgunaan oleh member yang sudah terdaftar. 
  • Tenaga admin informasi harga barang atau jasa yang diposting. Tenaga ini bertindak sebagai pihak yang menyimpulkan valid dan tidaknya informasi-informasi yang masuk, merekomendasikan kisaran harga yang seharusnya, dan juga pihak yang menyatakan informasi mana yang telah kadaluarsa dan perlu dihapus.
  • Tenaga Survey. Tenaga yang bertugas mencari informasi harga barang dan jasa terbaru, untuk menjaga ke-uptodate-an informasi aplikasi Aneka Tarif. Terutama info harga barang dan jasa yang telah dinyatakan kadaluarsa oleh admin informasi harga barang dan jasa.
  • Tenaga Customer Service. Tenaga yang bertugas menerima, menyeleksi dan melaporkan segala feedback dari konsumen ke Pengembang atau yang bersangkutan.

Celah Promosi

Dengan berbentuk social network, berikut beberapa celah income yang dapat ditawarkan ke pihak investor dan pemasang iklan, yang dapat diimplementasikan dalam aplikasi ini:

  1. Karena berbasis web, Aplikasi Aneka Tarif dapat memanfaatkan jasa periklanan Google Adsense.
  2. Celah promosi kepada pihak penyedia jasa tertentu, seperti penyedia penginapan, hotel, restourant, dan penyedia jasa lainnya yang ingin mengiklankan jasa mereka kepada member Aneka Tarif. Jumlah member aktif, lama waktu tayang dan antrian jumlah pemasang iklan akan menentukan besar harga tarif pemasangan iklan. 
  3. Investor dapat berupa pihak penyedia hosting, database, pemasang iklan utama, ataupun pihak penyedia jasa pariwisata dan semacamnya.

Advertisement

Declaimer

Untuk melindungi aplikasi terhadap penyalah-gunaan dan menjaga kepercayaan konsumen terhadap isi dan keakuratan harga barang dan jasa, diperlukan beberapa persyaratan dan kondisi untuk melindungi konsumen yang antara lain:

  1. Pihak pemilik dan pengembang berhak menolak atau menghapus member yang terbukti menyalah-gunakan aplikasi.
  2. Pihak pemilik dan pengembang, melalui divisi pemasaran akan melakukan filterisasi dari isi iklan, dan pengembang berhak melakukan pembatalan jika ditemukan iklan yang berbau MLM atau fiktif.
  3. Pihak pemilik dan pengembang tidak dapat bertanggung secara penuh, atas kebenaran content iklan yang ditayangkan pada aplikasi. Pemilik dan pengembang hanya memberikan space iklan, dan menampilkannya sesuai perjanjian yang telah disepakati saat akad pemasangan iklan.
  4. Demi menjaga kenyamanan konsumen berselancar di aplikasi Aneka Tarif, iklan yang akan dipasang hanya akan berbentuk banner, yang akan ditampilkan diantara daftar pencarian harga barang dan jasa pengguna.
  5. Iklan tidak akan ditayangkan, ketika pengguna yang mengakses aplikasi sebagai member, melakukan posting harga baru. Dan ketika melakukan kontribusi positif lainnya terhadap aplikasi Aneka Tarif.

Syarat dan kondisi ini dapat diubah sesuai dengan kebijakan baru yang disepakati pihak Aneka Tarif.

Contoh Implementasi

Aplikasi Aneka Tarif akan dibuat sesederhana mungkin dengan hanya menampilkan satu iklan perhalaman. Selain untuk menjaga kenyamanan konsumen, dengan kesederhanaan tersebut, tujuan awal dibuatnya aplikasi agar tidak melenceng dari tujuan awal. Berikut skema contoh isi halaman web Aneka Tarif untuk halaman informasi tarif transportasi Bus dan harga minuman ringan.


Kesimpulan

Aplikasi Aneka Tarif adalah aplikasi social network berbasis web page yang berisi tentang informasi harga barang dan jasa. Aplikasi ini dibuat berdasarkan kebutuhan informasi traveler tentang harga barang dan jasa yang tidak menentu, akibat oknum penyedia barang atau jasa yang dibutuhkan di tempat tujuan. Dengan isi yang uptodate, mudah di akses dan pengguna dapat turut serta menambahkan harga barang dan jasa yang baru, aplikasi ini berpotensi sebagai media promosi, karena pengguna akan mengakses aplikasi ini setiap kali bepergian, sekaligus melihat iklan yang ditayangkan pada aplikasi. 

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google