Membuat Tulisan dengan Orientasi SEO


Agar dapat terindek di search engine Google, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang penulis blog atau website.

Tema

Untuk dapat menarik pengguna mengunjungi website, penulis harus mencari tema yang banyak dicari atau dibutuhkan orang.

Namun tidak hanya ditulis begitu saja, berdasarkan pengalaman penulis, tulisan dengan tema tertentu perlu dikumpulkan dalam blog atau website dengan tema tertentu pula. Misalnya, tulisan yang berbau bisnis, dikumpulkan dalam website yang bertema bisnis.

Hal ini memang sangat direkomendasikan untuk website yang didaftarkan pada bisnis afiliasi seperti Google Adsense. Konon katanya iklan yang akan ditampilkan lebih mudah untuk di golongkan oleh penyedia iklan, jika website sejak awal memiliki konten bertema tertentu.

Judul

Pemilihan judul yang tepat dan mampu mengundang pembaca merupakan salah satu hal yang penting.

Tetapi perlu diperhatikan, kata-kata judul tidak boleh berlebihan (clickbait), dan harus sesuai atau dijelaskan dalam konten.

Google akan menggunakan judul sebagai snippet, dan dapat memberikan pinalti tidak akan mengindek, jika tidak ada kesesuaian antara judul dan konten.

Dan untuk judul ini, konon untuk menambah visibilitas di Google search, judul perlu disematkan dalam bentuk permalink.


Deskripsi

Selain judul, deskripsi juga yang akan digunakan Google untuk membuat snippet.

Pada halaman website, biasanya diletakkan dalam bentuk meta-data, tepatnya meta description.

Pada halaman website yang tidak menyediakan meta-description pada bagian head code HTML-nya, isi meta description bisanya mengambil paragraf pertama pada halaman tersebut.

Oleh karena itu, seperti ditemukan pada artikel-artikel website yang berorientasi SEO, paragraf pertama berisikan abstrak dari keseluruhan isi konten.

Konten

Hal paling penting adalah konten dari artikel website itu sendiri.

Konten yang berkualitas adalah konten yang dicari oleh Google, melalui Algorithma Pinguinnya.

Dan sebagaimana pengamatan penulis, pembuat artikel sebenarnya cukup fokus pada konten ini, adalah tugas Google untuk menentukan posisi indek konten berdasarkan rangking di SERP.

Kemudian untuk membuat artikel yang bagus dan berkualitas, tergantung kepada kemampuan dan gaya penulis itu sendiri.

Yang pasti, artikel yang berkualitas adalah artikel yang ditulis ringan dan sesuai dengan target pembaca, tidak mengandung pelanggaran Hak Cipta, didukung dengan data yang valid, dan ditulis mulai paragraf kedua setelah abstrak.

Selain itu, sebisa mungkin untuk tidak mengabaikan penggunakan tag heading dan paragraf, untuk memudahkan Google bot melakukan pengindekan.

Update Berkala

Konon agar Google bot lebih sering melakukan indek terhadap website, sangat disarankan untuk melakukan update dengan menambah artikel baru minimal tiap minggunya.

Namun bagian update ini belum penulis buktikan sendiri efeknya. Dan sebagai seorang programmer, update berkala bukan agar Google bot melakukan pengindekan lebih sering, tetapi lebih untuk menambah konten.

Konten yang semakin banyak, adalah umpan untuk mendapatkan traffic pengunjung yang lebih banyak.

Seperti halnya sebuah toko, tidak semua pembeli yang datang ke toko akan membeli barang. Adakalanya mereka benar-benar menemukan barang yang dicari, malah membeli barang lain yang sebenarnya tidak dibutuhkan, ada yang hanya melihat-lihat saja, membandingkan harga, atau sebenarnya mereka adalah mata-mata dari toko sebelah.

Sehingga, menurut hemat penulis, dengan tulisan yang yang banyak dan berkualitas, akan dapat menarik pengunjung, dan dapat membuat mereka berlama-lama di website kita.

Penulis yakin salah satu hal yang dapat menaikkan ranking website, adalah seberapa lama waktu kunjungan dan alur kunjungan pengguna, menyusuri halaman perhalaman website tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google