Batasan Umur di Google untuk Pengguna Android

Ilustrasi pengguna smartphone anak-anak (Sumber: Pixabay/terimakasih0)

Sebelumnya, Google membedakan pengguna Android dengan batasan 18 tahun untuk usia anak yang boleh memegang smartphone.

Hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh batasan usia awal kali mendaftar account Google dan data analitik seperti terlihat dalam gambar di bawah ini:


Gambar di atas adalah data Firebase Analytic pengguna aplikasi Caliper Digital penulis di Play Store dengan nama developer Computational Lab, berdasarkan batasan umur atau demografisnya.

Berbeda dengan tahun 2019 saat tulisan ini ditulis, tampaknya karena Google melihat pengguna Android tidak hanya kalangan dewasa saja, Google manambahkan kategori account anak-anak pada saat pendaftaran yang harus terkoneksi dengan Google Family Link, dan membedakan pengguna dibawah 18 tahun menjadi 5 golongan sebagai berikut:


Dan untuk aplikasi atau game Android yang ditargetkan untuk pengguna umur di bawah 13 tahun, harus menyertakan privacy policy yang menjelaskan data pengguna apa saja yang dikoleksi melalui aplikasi atau game yang bersangkutan.

Sehingga, pada dasarnya pengguna internet sudah tidak bisa dibatasi lagi, Google telah berusaha melindungi pengguna anak-anak, dari efek negatif internet. Tetapi bagaimanapun juga, pendampingan dan pengarahan orang tua masih sangat dibutuhkan dan penting.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google