Tip Adsense bagi Pemula

Artikel ini berisi pengalaman saya mencoba Adsense yang berorientasi pada organic traffic.

Adsense adalah product dari Google yang memungkinkan member penggunanya mendapatkan penghasilan dari content online mereka. Pengguna Adsense atau yang biasa disebut sebagai Adsense publisher akan memerlukan persetujuan Google terlebih dahulu, sebelum mereka dapat diizinkan menampilkan iklan dan memonetize mendapatkan penghasilan. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh model content dan dari kebijakan Google sendiri,  agar iklan yang dititipkan ke mereka dapat tepat sesuai sasaran.


Google Adsense dapat digunakan untuk memonetize web page, blog, app, game dan video. Masing-masing mempunyai platform sendiri dan mempunyai syarat dan ketentuan yang pada dasarnya sama, namun berbeda sesuai content yang akan diisi iklan. Selain itu, Google juga telah menyiapkan sangsi bagi pengguna yang kedapatan mempunyai content yang melanggar, tidak sesuai peraturan dan atau dengan sengaja melakukan invalid traffic. Oleh karena itu berikut tip-tip agar content online Anda dapat layak dipandang oleh Google untuk dapat dimonetize dengan Adsense:
  1. Anggaplah Google sebagai patner kerja yang berinvestasi pada content online kita, bukan patner yang siap kita curangi dengan mudah. Seorang patner kerja yang baik, pasti akan saling memberikan kemampuan terbaiknya, bukan saling menghianati.
  2. Hindari keinginan sekecil apapun untuk menipu, dan jangan pernah menganggap Google itu hanya sebuah mesin dan tidak tahu kalau seandainya kita curang. Dibalik layar Google pasti masih terdapat campur tangan manusia secara langsung, yang bertugas mengembangkan dan menjaga kualitas product-product mereka. Mereka bisa menyediakan sistem Adsense yang sampai seperti ini bukan lahir dari suatu mesin pintar buatan. Tapi karena kelebihan mereka dalam menciptakan sistem yang dibangun dari hasil ratusan atau bahkan ribuan buah pemikiran orang selama bertahun-tahun.
  3. Bacalah Term and Condition saat kita mendaftar. Atau setidaknya berniat akan membacanya disuatu hari kelak. Hal ini penting karena Anda akan tahu content apa saja yang diperbolehkan atau dilarang. Sehingga Anda tidak malu dan berani mengajukan banding ketika account Adsense anda disuspend oleh Google.
  4. Jika Anda dalam masa tunggu di terima oleh Google, tetap buatlah content sebanyak dan sebagus mungkin,  segera  publish artikel atau content online Anda, sehingga nanti ketika Anda di approve, content Anda sudah diindeks oleh Google.
  5. Bacalah tutorial yang diberikan oleh situs resmi Google sendiri, bagaimana tata cara pemasangan iklan. Karena terdapat juga tutorial yang beredar di internet, tutorial yang menyediakan tata cara penempatan iklan Adsense yang salah atau sudah kadaluarsa.
  6. Ikutlah komunitas sesama  Adsense publisher. Anda akan dapat belajar dengan cepat berdasarkan tukar pengalaman dari senior dan junior member. Namun Anda harus juga selektif dan pintar-pintar memilih member untuk anda follow. Karena jika posting dan saran monetizenya ternyata di suspend, berarti potensi Anda ikut tersuspend juga semakin besar. Sebaliknya jika yang Anda follow ternyata berhasil, maka potensi keberhasilan Adsense Anda semakin besar pula.
  7. Buatlah content yang original, unik dan berisi sesuatu yang baik dan membangun. Bukan content yang melanggar. Google tidak akan bersedia untuk memonetize content yang melanggar hukum.
Demikian tip-tip yang bisa saya bagi kepada pembaca yang baru ingin mencoba Adsense untuk pertama kalinya.


Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google