Algorithma Google 2019 yang Kembali seperti Dulu

Ada yang aneh dengan perubahan algorithma Google yang dirasa penulis pada Februari 2019.

Algorithma yang dimaksud disini adalah algorithma pengindekan mesin pencari, di mana yang menyebabkan jumlah traffic pengunjung konten online penulis pada tahun 2019 ini, yang hampir sama dengan tiga tahun sebelumnya, yaitu tahun 2017.

Traffic ini terlihat di beberapa blog penulis, dengan jumlah halaman yang berhasil diindex dengan jumlah peningkatan yang significant, dan terutama pada jumlah page view konten online yang penulis daftarkan pada program Adsense.

Gambar di bawah ini adalah screenshot laporan hasil pengindekan Google Search Console salah satu blog penulis yang berumur kurang lebih satu tahun.

Hasil Pengindekan tandalalulintas.blogspot.com

Perlu diketahui, bahwa ketika mulai terjadi gejolak perubahan algorithma yang tidak menentu, mulai pertengahan 2017, konten online penulis mengalami penurunan jumlah pengunjung yang semakin berkurang.

Terlebih ketika ada kebijakan monetasi Youtube 2018 yang mengharuskan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, menyebabkan penulis semakin malas berkarya dan kurang produktif.

Hasilnya, jumlah pengunjung konten online tambah semakin menurun dan begitu juga pendapatan Adsensenya.

Padahal semenjak awal, penulis selalu memegang prinsip, sebisa mungkin konten online penulis yang berupa website, blog, aplikasi dan game Android, selalu berorientasi original, tidak melanggar hak cipta dan bertema pendidikan.

Memang berat membuat konten online dengan orientasi tersebut, namun penulis yakin memang seperti itulah seharusnya.

Dan tepat ketika Facebook telah menyelesaikan skandalnya terkait penyalah-gunaan data oleh Cambridge Analytica, Google yang juga telah memperbaiki kebijakan privacy, layanan dan sebagainya, tiba-tiba pengunjung konten online penulis tumbuh dan kembali seperti Agustus 2017.

Penulis memang tidak bisa membuktikan dengan menunjukkan secara akurat pernyataan penulis ini, namun gambar di bawah ini, mewakili analisa secara kasar topik yang mendasari tulisan ini.


Sehingga, kata "aneh" yang penulis sebut dalam judul tulisan kali ini, sebenarnya adalah kecurigaan penulis oleh algorithma yang dipakai Google yang sepertinya kembali ke algorithma yang digunakan pada tahun 2017.

Sedangkan pengaruh perbedaan lainnya, khususnya pada Adsense, jika dulu terjadi bom klik dan nilai pendapatan invalid klik dimasukkan terlebih dahulu, baru dikurangi ketika terbukti invalid klik. Dalam pembaharuaanya, pendapatan dipending dahulu, dan baru ketika terbukti klik valid, income pun dimasukkan.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google