Iseng-iseng Menghitung Pajak Penghasilan

Sebagai wajib pajak, penulis penasaran dengan perhitungan pajak penghasilan yang harus dibayarkan penulis selama tahun 2018.

Mengingat pekerjaan penulis adalah lebih suka sebagai tenaga freelance, yang kadang bekerja di suatu instansi atau perusahaan, dalam kurun waktu kontrak tertentu saja.

Maka pengetahuan ini penulis rasa penting, agar tidak terlalu terlihat bodoh, di depan pegawai pajak nantinya, ketika penulis melakukan konsultasi pajak.

Berikut ini adalah video contoh percobaan perhitungan pajak penghasilan yang penulis lakukan berdasarkan panduan Surtan Siahaan (2019) dan menggunakan bantuan Ms. Excel.


Dari percobaan di atas dapat disimpulkan, bahwa sebenarnya jumlah pajak penghasilan yang harus dibayarkan jumlahnya kecil. Terlebih durasi pajaknya dihitung pertahun.

Apalagi jika status wajib pajak sudah menikah dan memiliki tanggungan istri dan anak, maka jumlah PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak)-nya akan semakin tinggi, sehingga pajak yang harus dibayarkan akan lebih kecil dibanding wajib pajak yang masih bujangan.

Nominal pajak akan dirasa kecil, jika wajib pajak memang orang yang bisa bekerja. Bukan orang yang pengangguran, pemalas atau pelit.

Kemudian presentase tarif pajak akan semakin tinggi, jika penghasilan bersihnya semakin tinggi pula.

Mungkin karena hal inilah orang kaya, banyak yang menyembunyikan harta kekayaannya. Yaitu untuk menghindari agar hartanya tidak dipotong pajak yang tinggi.

Jika dipikir secara logika, presentase ini sama halnya dengan pemerasan. Namun jika dipikir secara agama, hal ini mungkin saja yang menjadikan orang kaya semakin kaya, karena mau tidak mau mereka dipaksa oleh negara untuk mendermakan hartanya dalam bentuk pajak.

Demikian ulasan singkat penulis, tentang perhitungan pajak penghasilan, dan penulis mohon maaf jika contoh yang diberikan penulis adalah salah.

Referensi
Siahaan, Surtan. 2019. Cara Menghitung Pajak Penghasilan: Kiat Agar Lebih Efisien. https://www.online-pajak.com/cara-menghitung-pajak-penghasilan. diakses tanggal 13 Maret 2019.

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google