Enam Tip bagi Blogger Pemula


Bukan lagi sesuatu yang mengherankan, jika bekerja menjadi Blogger adalah salah satu pekerjaan yang mulai diakui oleh dunia saat ini.

Untuk dapat sukses dalam nge-Blog, banyak para blogger yang menyarankan untuk menulis hal-hal yang sedang trend atau viral.

Sehingga para Blogger pemula, biasanya mereka memulai dan menyerang dengan cara instan, yaitu dengan cara menulis ulang apapun yang sedang viral, tanpa memperhatikan rambu-rambu atau etika penulisan.

Penulis sendiri juga Blogger, dan menurut penulis, boleh saja menulis sesuai dengan trending, namun tetap memperhatikan Webmaster Guideline, agar blog tidak terkena pinalti pelanggaran.

Berikut ini adalah 5 tips yang mungkin dapat dijadikan acuan bagi Blogger pemula:

Pertama, tidak hanya copy-paste, tetapi dalam tulisan perlu ditambahkan sesuatu nilai tambah atau hal yang baru. Hal ini tergantung pada tingkat kreativitas penulis sendiri. Semakin kreatif, semakin baik kualitas kontennya.

Kedua, blog dibuat spesifik namun tetap kaya konten. Contohnya membuat banyak macam tema blog, dan tiap blog harus diorientasikan sekental mungkin dengan tema blog dan tidak melenceng.

Ketiga, hindari penggunaan gambar yang berlisensi. Blogger bisa memanfaatkan penyedia gambar seperti Pixabay, yang konon semua gambarnya gratis dan tidak diperlukan atribusi. Meskipun menurut penulis pribadi, jika ditelaah lebih lanjut tidak semua gambar dalam website tersebut benar-benar gratis.

Keempat pertahankan kualitas konten untuk meng-engage pengunjung. Salah satunya adalah menunjukkan bukti seperti gambar grafik atau data terpercaya lainnya. Tetapi jika data tersebut berasal dari konten yang lain, usahakan ditampilkan dengan cara mereferensi dengan benar.

Kelima, ditambahkan halaman privacy policy pada blog. Terutama bagi blog yang menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hal ini penting terutama blog dengan target pembaca internasional.

Dan keenam, sambungkan blog dengan alat seperti Google Search Console. Dengan alat tersebut akan dapat dilihat tingkat minat pengguna, berikut keyword apa saja yang menyebabkan konten dapat masuk dalam daftar pencaharian. Dan sekaligus untuk dapat mengetahui arah pengembangan blog, berdasarkan konten yang paling diminati.

Tetapi perlu diperhatikan, bagaimanapun juga pasar tidak dapat diprediksi. Konten yang saat ini tidak diminati, bisa jadi dalam tahun berikutnya lebih diminati oleh pengguna.

Oleh karena itu, langkah nge-Blog terbaik adalah membuat konten sebaik dan sedetail mungkin, serta konten dibuat dengan orientasi jangka panjang (long terms).

Referensi

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google