Ide Platform Tabung Emas Online

Ilustrasi emas (Sumber: Pixabay/Global_Intergold)
Investasi emas online, yang berupa penyimpanan emas virtual, hendaknya harus terkoneksi langsung dengan pasar, jika platform menggunakan harga beli dan jual pasar.

Perlu diperhatikan, platform yang penulis maksud adalah platform investasi emas, yang mengharuskan nasabah menyimpan emas, mereka perlu membeli emas dulu dengan harga beli, dan ketika mereka mengambilnya dalam bentuk uang, mereka perlu menjualnya emas yang tersimpan terlebih dahulu sesuai harga emas.

Menurut penulis, tidak dapat dilogika jika emas yang siap dibeli oleh nasabah, beratnya tidak terbatas.

Jika semakin banyak emas di beli, karena ketersediaan jumlah emas terbatas, harusnya harga emas dapat naik. Sebaliknya jika banyak emas dijual, harusnya harga emas kembali turun.

Oleh karena itu, platform harus menampilkan jumlah emas yang mereka kelola secara transparan. Baik yang tersedia untuk dibeli oleh nasabah, maupun yang telah dimiliki oleh nasabah.

Kemudian untuk harga, menurut penulis, lebih baik platform mengambil untung dari biaya layanan, bukan mengambil dari spread atau selisih harga beli dan harga jual.

Karena menurut artikel di rasmankhan.blogspot.com (2016), spread adalah hasil pengaruh kekuatan penawaran dan permintaan pasar. Di mana harga jual adalah harga terendah penawaran, dan harga beli adalah harga tertinggi permintaan.

Sehingga bagi penulis, spread bukanlah jalan yang tepat untuk mendapatkan laba atau keuntungan, dan alangkah baiknya platform mendapatkan keuntungan dari jasa transaksi.

Terlebih karena akadnya jual beli, platform perlu menggunakan patokan harga tertentu, tetapi tetap mengikuti pasar, seperti dengan mengambil nilai tengah antara harga beli dan jual.

Sebab jika menggunakan spread untuk mencari untung, terkesan platform selalu tidak ingin rugi.

Jika ada pembaca yang ingin membuat aplikasi fintech, dengan konsep seperti yang penulis tuliskan di atas, bersama penulis, pembaca dapat menghubungi penulis di komputasiub@gmail.com.

Referensi

Comments

Popular posts from this blog

Google Sedang Membersihkan Konten Penyebab Invalid Traffic

Pentingnya Menambahkan Request Content pada Aplikasi

Menaikkan Traffic dengan Sistem Rekomendasi

Metode Martingale untuk Perencanaan Beli Emas

Kegunaan Lain Splashscreen dalam Aplikasi

Sekilas tentang Algorithma Pinguin 2019

Kelayakan Blog atau Website untuk dapat di Pasang Iklan Adsense

Kebijakan Penting Play Store 2019

Review Aplikasi yang Meragukan

Buka Warung Bakso Berbekal Google